Pesantren Waria di Yogya Sambut Ramadhan, Kirim Doa hingga Intensif Belajar Agama

Kompas.com - 09/04/2021, 11:33 WIB
pemimpin pesantren waria Al Fatah Yogyakarta, Shinta Ratri ditemui kompas.com di Pesantren Al Fatah Kamis (8/4/2021) malam KOMPAS.COM/MARKUS YUWONOpemimpin pesantren waria Al Fatah Yogyakarta, Shinta Ratri ditemui kompas.com di Pesantren Al Fatah Kamis (8/4/2021) malam

YOGYAKARTA,KOMPAS.com-Bulan Ramadhan menjadi hari yang ditunggu oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia.

Tak terkecuali, Pesantren Waria Al-Fatah, yang terletak di Celenan, Jagalan, Kapanewon Banguntapan, Bantul, DI Yogyakarta.

Sejumlah persiapan menyambut bulan suci sudah dilakukan di pesantren yang terletak di tengah perkampungan penduduk ini. Mulai dari nyadran atau mengirim doa kepada waria yang sudah meninggal dunia. Selain itu, pesantren juga sudah merencanakan mandi besar atau padusan sekaligus piknik bersama warga sekitar.

"Besok hari Minggu piknik sekalian padusan bersama, tidak hanya warga pesantren tetapi juga tetangga," kata pemimpin pesantren waria Al Fatah Yogyakarta, Shinta Ratri ditemui Kompas.com di Pesantren Al Fatah, Kamis (8/4/2021) malam.

Baca juga: Pasar Sore Ramadhan Boleh Digelar di Yogyakarta, asal Terapkan Drive Thru dan Zona Hijau

Shinta menyebut ada 40-an orang yang ikut termasuk tetangganya pergi ke air terjun di wilayah Karanganyar, Jawa Tengah.

Dirinya sudah menyusun jadwal, selama bulan Ramadhan akan digelar pertemuan di pesantren pada hari Minggu dan Rabu.

Mulai buka bersama sampai tadarus akan dilakukan mereka yang ikut program pendalaman agama.

Ada 40-an waria yang akan mengikuti pendalaman agama selama bulan Ramadhan. Untuk bulan Ramadhan ada keistimewaan dibanding bulan biasa.

Mereka yang 'mondok' biasanya belajar agama pada hari Minggu saja. Nantinya mereka akan didampingi pengajar agama dari beberapa organisasi yang selama ini melakukan pendampingan.

"Khusus hari Minggu ditambah waria lansia berjumlah 30-an orang. Untuk yang lansia tidak hanya yang beragama Islam, ada yang kristiani juga mendapat konseling dari UKDW (universitas Kristen Duta Wacana-red)," ucap Shinta.

Baca juga: Selama Ramadhan, Dinkes DIY Gelar Vaksinasi Covid-19 Hanya sampai Siang Hari

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X