Siklon Tropis Seroja, Masyarakat Bali Diminta Waspadai Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

Kompas.com - 05/04/2021, 12:24 WIB
Siklon tropis Seroja pada 5 April 2021 pukul 01.00 WIB BMKGSiklon tropis Seroja pada 5 April 2021 pukul 01.00 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar meminta warga Provinsi Bali waspada terkait keberadaan siklon tropis Seroja di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Siklon tropis Seroja berpotensi menimbulkan angin kencang, hujan lebat, hingga gelombang tinggi.

"Dengan adanya siklon tropis Seroja di wilayah NTT ini Bali walaupun jaraknya cukup jauh juga akan terkena dampak angin kencang, gelombang tinggi, dan hujan lebat," kata Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah III Denpasar Iman Faturahman saat dihubungi, Senin (5/4/2021).

Menurutnya, hujan lebat dan angin kencang akibat siklon tropis Seroja ini bisa terjadi setiap saat.

Baca juga: Bibit Siklon Tropis 99S Terdeteksi Menguat di Laut Sawu, Ini Imbauan BMKG untuk Masyarakat NTT


Berdasarkan prediksi, cuaca buruk ini akan terjadi dalam empat hari ke depan. Meskipun, saat ini siklon tropis Seroja ini bergerak menjauh ke arah barat daya dari pusatnya di NTT.

"Akan berdampak empat hari ke depan, meski dia menjauhi dari Indonesia ke arah barat daya nanti kita akan terus memantau perkembangannya dan akan meng-update," kata dia.

Ia menjelaskan siklon tropis Seroja terbentuk di wilayah daratan NTT. Dampaknya cukup terasa karena biasanya siklon tropis terbentuk di wilayah perairan selatan.

"Biasanya siklon tropis itu ada di selatan, ada di laut dan pas kebetulan sekarang di darat atau di Kupang dan sekitarnya," kata dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X