Gubernur Papua Lukas Enembe ke Papua Nugini Lewat Jalan Tikus, Mendagri: Sudah Diberikan Sanksi Teguran Keras

Kompas.com - 05/04/2021, 11:39 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian KOMPAS.com/AJI YK PUTRAMenteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian

KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyayangkan kepergian Gubernur Papua Lukas Enembe ke Papua Nugini tanpa izin.

Terlebih lagi, Lukas pergi ke Papua Nugini melewati jalan tikus tanpa dokumen resmi. Lukas beralasan ke Papua Nugini untuk melakukan terapi saraf kaki.

Terkait dengan itu, Kata Tito, Lukas tak pernah mengajukan izin untuk berobat ke Papua Nugini.  Padahal, jika memang mendesak untuk berobat, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bisa memberikan izin.

"Sampai hari ini Pak Gubernur (Lukas Enembe) tidak pernah mengajukan izin ke Kemendagri, tidak pernah. Kalau memang urgent sekali, komunikasi dengan saya sebagai otoritas yang memberikan izin, setelah itu surat menyusul, makanya saya mau temuin," kata Tito di Jayapura, Senin (5/4/2021).

Baca juga: Sebelum Komandan Brimob Meninggal, Istrinya Sempat Lihat Almarhum Terbaring di Sofa dalam Kondisi Lemas

Tito menegaskan, apa pun alasannya, langkah yang dilakukan Lukas salah.

"Saya sudah sampaikan, apa pun alasannya langkah itu salah, tidak sesuai aturan yang ada pergi tanpa izin, apa lagi di tengah situasi pandemi," tegasnya.

Baca juga: Gubernur Lukas Enembe ke Papua Nugini Tanpa Izin, Mendagri: Apa Pun Alasannya, Itu Salah


Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X