Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Resmikan SMK Membangun Desa, Wagub Jabar Dorong Sekolah Hadirkan Inovasi

Kompas.com - 03/04/2021, 18:49 WIB
Imalay Naomi Lasono,
Anissa DW

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum meresmikan program “Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Membangun Desa” di SMK Karya Nasional, Kabupaten Kuningan, Jumat (2/4/2021).

Melalui program tersebut Uu mendorong kepala sekolah untuk terus menghadirkan inovasi. Dengan begitu, inovasi yang tercipta dapat diterapkan untuk membangun desa-desa di Jabar. 

Selain itu, ia pun meminta kepada kepala sekolah agar mendorong para siswa untuk menciptakan lapangan kerja di desanya.

“Alumni (SMK) mesti berpikir kembali ke desa dengan kemampuan yang sudah dimiliki di sekolah untuk membangun desanya. Itu yang kami harapkan,” ucap Uu dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu. 

Uu mengatakan, program SMK Membangun Desa selaras dengan inovasi Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar, yaitu Desa Juara. Adapun Desa Juara sendiri memiliki tiga pilar, yakni digitalisasi layanan desa, One Village One Company (OVOC), dan Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa).

Baca juga: Sekitar 22.000 Kepala Keluarga di Indramayu Dapat Bantuan Sosial

Ketiga pilar tersebut menjadi dasar dalam merumuskan sejumlah program, seperti Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Jembatan Gantung Desa (Jantung Desa), Jalan Mulus Desa, dan Sapa Warga.

Salah satu tujuan dari program-program tersebut adalah memangkas ketimpangan kemiskinan dan digitalisasi pedesaan dengan perkotaan.

“Tidak ada desa miskin kalau kita mampu memanfaatkan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM). Jika kedua hal tersebut dipadukan dan pemerintah kota, kabupaten, maupun provinsi turut membantu, Insyallah Desa Juara akan semakin menjelma di Jawa Barat,” kata Uu.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Kuningan Acep Purnama mengatakan, program SMK Membangun Desa akan melahirkan SDM dan inovasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan melalui keahlian para siswa.

Baca juga: Berkomitmen Berantas Korupsi, Wagub Jabar Dorong Semua Pihak Jaga Integritas

“Saya sampaikan terima kasih setulus-tulusnya atas ide gagasan kegiatan SMK Membangun Desa. Sesuai dengan bidang keilmuan yang digelutinya dan langsung membekali para siswa dengan skill,” ujar Acep.

Untuk diketahui, Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Jabar Wilayah X Ester Miori Dewayani melaporkan, SMK Karya Nasional sudah menjalin kerja sama dengan 27 desa di Kabupaten Kuningan. Kerja sama tersebut pun sudah mendapat izin dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Adapun kerja sama yang terjalin di antaranya program Gerebeg Mesjid, pelatihan kewirausahaan bidang webpreneur, teknologi pengelasan, serta pelayanan servis alat dan mesin pertanian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com