Bandara Jenderal Soedirman Beroperasi Mulai 22 April, Layani Rute Jakarta-Purbalingga

Kompas.com - 01/04/2021, 14:59 WIB
Pesawat ATR 72-600 maskapai Citilink mendarat di Bandara JB Soedirman Purbalingga, Jawa Tengah, saat proving flight, Kamis (1/4/2021). KOMPAS.COM/FADLAN MUKHTAR ZAINPesawat ATR 72-600 maskapai Citilink mendarat di Bandara JB Soedirman Purbalingga, Jawa Tengah, saat proving flight, Kamis (1/4/2021).

PURBALINGGA, KOMPAS.com - Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman Purbalingga, Jawa Tengah, dipastikan akan beroperasi mulai 22 April 2021.

Untuk tahap awal ini, penerbangan akan dilayani dengan pesawat ATR 72-600 milik maskapai Citilink dengan rute Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta-JB Soedirman Pirbalingga.

"First flight pengoperasian bandara akan dilaksanakan 22 April, mudah-mudahan tidak ada halangan berarti," kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi saat proving flight pesawat ATR 72-600 Citilink di Bandara JB Soedirman, Kamis (1/4/2021).

Baca juga: Mulai 22 April, Citilink dan Wings Air Mulai Beroperasi di Bandara JB Soedirman Purbalingga

Pembukaan bandara tersebut diyakini akan berdampak positif terhadap perekonomian Kabupaten Purbalingga dan kabupaten lain di wilayah Jawa Tengah bagian barat selatan.

"Mudah-mudahan dengan potensi yang luar biasa di Purbalingga dan kabupaten tetangga, kami meyakini betul dengan dibukanya bandara ini dapat memberikan dampak perekonomian yang luar biasa," ujar Tiwi, sapaan Bupati Purbalingga.

Sementara itu Direktur Utama Citilink Juliandra Nurtjahjo mengatakan, tidak ada kendala selama uji coba penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma menuju JB Soedirman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Hari ini kami lakukan ujicoba sekaligus menarik perhatian publik bahwa kami siap terbang dan masuk Purbalingga," kata Juliandra.

Baca juga: Akhir 2019, Jawa Tengah Punya Bandara Jenderal Besar Soedirman

Untuk tahap awal, pihaknya akan melayani penerbangan setiap hari satu kali untuk rute Halim Perdanakusuma-JB Soedirman dan sebaliknya.

"Sejalan dengan kenaikan traffic penumpang akan kami lanjutkan (rute) di beberapa kota lainnya. Frekuensi (penerbangan) satu kali dulu, sambil melihat potensi," ujar Juliandra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.