Pemuda Muhammadiyah: Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar Kejahatan Kemanusiaan

Kompas.com - 28/03/2021, 12:39 WIB
Ledakaan yang diduga bom bunuh diri di dekat Gereja Katedral Makassar pada Minggu (28/3/2021). [SS/Twitter Via The Straits Times] SS/Twitter Via The Straits TimesLedakaan yang diduga bom bunuh diri di dekat Gereja Katedral Makassar pada Minggu (28/3/2021). [SS/Twitter Via The Straits Times]

KOMPAS.com - Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah mengutuk aksi bom bunuh diri di Depan Gereja Katedral di Makassar, Minggu (28/3/2021).

Ketua Pusat Pemuda Muhammadiyah Sunanto menyebut bahwa aksi bom bunuh diri itu adalah bentuk kejahatan terhadap kemanusiaan.

"Pagi ini, telah terjadi ledakan bom di depan gereja katederal di Makassar, kejadian tersebut menewaskan beberapa orang. Atas kejadian tersebut, Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah mengutuk keras, dan meminta Polri agar segera menangkap siapapun yang terlibat dalam tindakan teror yang tidak terpuji tersebut," ujar Sunanto kepada Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Minggu.

"Kami sangat mengutuk pelaku kejadian tersebut, apa yang mereka telah lakukan telah menyakiti hati kita semua sebagai anak bangsa. Perbuatan mereka sangat jelas adalah kejahatan terhadap kemanusiaan," ujar lanjut pria yang akrab disapa Cak Nanto itu.

Baca juga: Ledakan Depan Gereja Katedral Makassar, Saksi: Ada yang Selamatkan Ibu dan 4 Anak hingga Teriak Bom

Menurut Sunanto, tindakan teror tersebut tentu bertujuan untuk menebar rasa takut di masyarakat. Namun ketakutan itu tidak boleh terjadi.

"Sebaliknya, kita harus kuat dan melawan segala tindakan atau aksi terorisme semacam itu," kata Sunanto.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sunanto mengatakan, Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah mengimbau agar masyarakat tidak perlu takut tetapi tetap waspada.

Pihaknya yakin bahwa Polri akan bekerja profesional dan secepatnya dapat menemukan pelaku tindakan teror tersebut.

Sebelumnya, ledakan bom bunuh diri terjadi di depan Gereja katedral Makassar, Minggu. Pelaku diduga dua orang yang memakai sepeda motor. Ledakan terjadi di dekat pintu gerbang halaman gereja sehingga tidak merusak gereja.

Baca juga: Fakta Terkini Ledakan Bom di Gereja Katedral Makassar, Satu Orang Tewas

Insiden itu menyebabkan belasan orang terluka. Mereka terdiri dari 9 masyarakat, 5 petugas keamanan dan 4 jemaat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X