Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.630 Peserta Lolos ITB Jalur SNMPTN 2021, Ini Link Daftar Lengkapnya

Kompas.com - 23/03/2021, 07:13 WIB
Reni Susanti,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebanyak 1.630 calon mahasiswa dinyatakan lolos masuk Institut Teknologi Bandung jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Dari jumlah tersebut, fakultas/sekolah yang menerima calon mahasiswa terbanyak di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) sebanyak 195 orang.

"Selanjutnya di FMIPA, 166 orang, dan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) Kampus Ganesha, 129 orang, serta FTTM Kampus Cirebon, 43 orang," ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Jaka Sembiring dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (22/3/2021).

Seluruh calon mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN tersebar di 20 fakultas dan sekolah yang ada di ITB.

Baca juga: Lolos SNMPTN UGM 2021, Ini yang Harus Dilakukan Calon Mahasiswa

Selain itu, sebaran daerah asal calon mahasiswa yang diterima di jalur SNMPTN ITB 2021 paling banyak berasal dari Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Daftar lengkap mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN bisa dilihat di situs web https://snmptn.itb.ac.id. Khusus jalur peminatan, pengumuman dapat dilihat pada laman https://minat.itb.ac.id.

Pada 2021 ini, sebanyak 10.637 peserta telah mendaftar ke ITB melalui jalur SNMPTN. Dari jumlah tersebut, sebanyak 984 pendaftar mendaftar dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP)-Kuliah, dan hanya 142 calon mahasiswa yang diterima melalui jalur KIP-Kuliah tersebut.

“Dalam melakukan seleksi penerimaan, kami selalu mengedepankan kualitas akademik calon mahasiswa,” bebernya.

Terkait dengan keringanan dalam pembiayaan, ITB memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa yang kurang mampu untuk mengajukan beasiswa uang kuliah tunggal (UKT).

“ITB akan memenuhi kuota mahasiswa yang mendapatkan pembebasan UKT sebesar 20 persen di akhir masa penerimaan mahasiswa sarjana,” tegasnya.

Baca juga: Universitas Brawijaya Terima 4.446 Peserta SNMPTN, Ini Syarat Daftar Ulang

Selain SNMPTN, ITB membuka jalur SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Sementara bagi calon mahasiswa yang menginginkan pengalaman internasional dapat memilih jalur kelas internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com