Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lolos SNMPTN UGM 2021, Ini yang Harus Dilakukan Calon Mahasiswa

Kompas.com - 23/03/2021, 05:57 WIB
Wijaya Kusuma,
Dony Aprian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 2.069 peserta lolos seleksi jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2021.

Pengumuman SNMPTN 2021 bisa diakses pada 22 Maret 2021.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan (PPK) Djagal Wiseso Marseno mengatakan, pengumuman SNMPTN 2021 dapat diakses melalui https://pengumuman-snmptn.ltmpt,ac.id/.

"Pengumuman sudah bisa diakses pada 22 Maret 2021 pukul 15.00 WIB," ujar Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan (PPK), Djagal Wiseso Marseno dalam keterangan tertulis Humas UGM, Senin (22/3/2021).

Baca juga: UGM Terima 2.069 Mahasiswa Baru dari Jalur SNMPTN

Dari 2.069 peserta, 629 di antaranya diterima di program studi Sosial Humaniora (Prodi Soshum) dan 1.440 peserta di prodi sains dan teknologi (Saintek).

Menurutnya, tahun ini untuk lima besar peminat kelompok prodi Saintek pada SNMPTN di UGM adalah Farmasi, Kedokteran, Teknologi Informasi, Teknik Sipil, dan Ilmu Komputer.

Sedangkan untuk kelompok prodi Soshum yaitu, Manajemen, Psikologi, Akuntansi, Ilmu Hubungan Internasional, dan Ilmu Komunikasi.

Setelah diterima di UGM, kata dia, calon mahasiswa harus melengkapi biodata dan mengunggah sejumlah dokumen sebagaimana disyaratkan melalui laman https://um.ugm.ac.id/admisi.

"Melengkapi biodata dan mengunggah dokumen mulai tanggal 25 Maret 2021 pukul 15.00 WIB sampai dengan 7 April 2021 pukul 23.59 WIB," tuturnya.

Baca juga: Fakultas Kedokteran UGM Mundur dari Penelitian Vaksin Nusantara

Calon mahasiswa, lanjutnya, juga harus mengikuti rangkaian kegiatan registrasi, yaitu membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT), mencetak Bukti Registrasi, dan mengambil Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) serta jaket almamater yang jadwalnya akan diinformasikan melalui akun praregistrasi masing-masing calon mahasiswa.

Apabila sampai dengan tanggal 7 April 2021 pukul 23.59 WIB calon mahasiswa tidak melengkapi biodata dan mengunggah dokumen sesuai dengan prosedur dan ketentuan, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com