Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko PMK: 2024 Seluruh Masyarakat Dapatkan Akses Air Minum Layak

Kompas.com - 22/03/2021, 16:13 WIB
Rasyid Ridho,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SERANG, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy akan terus mengupayakan penyediaan air minum layak dan aman kepada seluruh masyarakat.

Berdasarkan catatan, pada tahun 2020 sudah 90,31 persen keluarga memiliki akses air minum layak, 26,9 persen memiliki air minum permukaan.

"Tahun 2024 Indonesia harus mencapai 100 persen akses air minum layak, 15 persen air minum aman, 30 persen air minum permukaan dan 10 juta sambungan air di rumah tangga," kata Muhadjir saat menghadiri perayaan Hari Air Sedunia di Bendungan Sindangheula, Serang, Senin (22/3/2021).

Baca juga: Indonesia Targetkan 30 Juta UMKM Go Digital hingga 2023

Muhadjir mengatakan, upaya percepatan penyediaan air minum dan sanitasi yang aman terus dilakukan pemerintah dengan mengacu pada Perpres 185 tahun 2014 tentang percepatan penyediaan air minum dan sanitasi.

"Air merupakan sumber kehidupan bagi kita semua dan mahluk hidup lainnya. Perlu kita kelola dari hulu agar memenuhi kebutuhan mahluk hidup," ujar Muhadjir

Menurut Muhadjir, pemerintah terus mendorong kebijakan dan strategi untuk penyediaan air minum layak dan aman. Seperti peningkatan kapasitas dpenyelenggara air minum, pengembangan dan pengelolaan penyediaan air minum.

"Kemudian perubahan prilaku masyarakat serta menyikapi sumber daya air," kata Muhadjir.

Baca juga: Warga Kesulitan Air Bersih akibat Tanah Bergerak di Kaki Gunung Beser Sukabumi

Untuk itu, Muhadjir meminta masyarakat jangan hanya berfikir memanfaatkan air saja. Melainkan harus  bertanggung jawab untuk menjaga pelestarian sumber daya air.

"Upaya itu dengan menanam pohon yang produktif bisa dinikmati manfaatnya secara luas," tandas Muhadjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com