Klarifikasi ASDP soal 7 ABK KM Kasuari Pasifik yang Dinyatakan Positif Covid-19

Kompas.com - 19/03/2021, 16:40 WIB
Ilustrasi corona virus (Covid-19) shutterstockIlustrasi corona virus (Covid-19)

KOMPAS.com - Corporate Secretary PT ASD Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengklarifikasi kabar tentang tujuh anak buah kapal (ABK) KM Kasuari Pasifik yang dinyatakan positif Covid-19 saat bersandar di Teluk Wondama pada Jumat (12/3/2021).

Shelvy meluruskan pernyataan juru bicara Satgas Covid-19 Teluk Wondama dr Yoce Kurniawan yang menyebut 7 ABK KM Kasuari Pasifik yang dikelola ASDP dinyatakan positif Covid-19.

Baca juga: 7 ABK KM Kasuari Pasifik Terkonfirmasi Positif Covid-19 Saat Bersandar di Teluk Wondama

"Kami ingin mengklarifikasi bahwa KMP yang dimaksud adalah KM Kasuari Pasifik 3 milik Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan yang dikelola operator swasta," kata Shelvy dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Jumat (19/3/2021).

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), kata Shelvy, hanya mengoperasikan KMP Kasuari Pasifik IV yang melayani rute Biak-Manokwari, Manokwari-Numfor dan Biak-Numfor.

Sementara kapal ASDP yang masuk ke Teluk Wondama adalah KMP Napan Wainami dengan rute Manokwari-Wasior (Teluk Wondama), Wasior-Nabire, dan Wasior-Windesi, atau sebaliknya.

"Adapun saat ini KMP Kasuari Pasifik IV yang dikelola ASDP saat ini tengah menjalankan proses docking tahunan di Sorong, dan kami pastikan seluruh kru kapal dalam kondisi sehat," jelas Shelvy.

Satgas Covid-19 Kabupaten Teluk Wondama menyatakan, tujuh anak buah kapal (ABK) KM Kasuari Pasifik terkofirmasi positif Covid-19 saat bersandar di pelabuhan. KM Kasuari Pasifik merupakan kapal perintis yang menghubungkan sejumlah daerah terpencil di Provinsi Papua Barat.

"Tujuh orang anak buah kapal yang kapalnya dikelola oleh ASDP itu, diketahui positif Covid-19 saat standar di pelabuhan Kabupaten Teluk Wondama. Hal ini sedang mendapat penanganan di ruang isolasi pada Gedung Sasar Wondama Manggurai," kata juru bicara Satgas Covid-19 Teluk Wondama, dr Yoce Kurniawan di Wasior dikutip dari Antara, Jumat (12/3/2021).

KM Kasuari Pasifik diizinkan masuk ke Wasior, Teluk Wondama, karena para ABK dan kru kapal memiliki surat keterangan tes cepat antibodi dengan hasil nonreaktif.

Namun, salah seorang ABK kapal tersebut mengalami demam saat tiba di Teluk Wondama. Ia pun berinisiatif memeriksan diri ke Puskesmas Wasior.

ABK itu dirujuk ke RSUD Teluk Wondama karena persediaan alat tes cepat antigen di Puskesmas Wasior habis. Setelah diperiksa tim medis RSUD Teluk Wondama, ABK itu dinyatakan positif Covid-19.

Baca juga: Pemimpin KKB Menyerahkan Diri, Kapolda Papua: Semoga Makin Banyak yang Kembali ke Pangkuan Ibu Pertiwi

Berdasarkan temuan itu, seluruh ABK KM Kasuari Pasifik diperiksa.

"Hasil diperiksa rapid antigen maupun laboratorium para ABK terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga seluruh ABK diperiksa. Dan dari 18 orang ABK yang diperiksa tujuh orang terkonfirmasi positif Covid-19," ujarnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X