OKU Tanpa Kepala Daerah, Kadis DLHP Sumsel Ditunjuk sebagai Plh Bupati

Kompas.com - 09/03/2021, 13:28 WIB
Ilustrasi kepala daerah. KOMPASIlustrasi kepala daerah.

PALEMBANG, KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menunjuk Edward Chandra sebagai Pelaksana harian (Plh) Bupati Ogan Komering Ulu (OKU).

Edward diketahui merupakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Sumatera Selatan, serta Asisten I Gubernur Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat.

Penunjukan Plh ini setelah sebelumnya Kabupaten OKU mengalami kekosongan pimpinan.

Baca juga: Bupati Meninggal Usai Diisolasi, Wakilnya Ditahan KPK, OKU Tak Punya Kepala Daerah

Bupati OKU Kuryana Azis meninggal setelah menjalani perawatan di ruang isolasi rumah sakit RK Charitas Palembang, Senin (8/3/2021) kemarin.

Sementara Wakil Bupati Johan Anuar dinonaktifkan karena masih terjerat kasus dugaan korupsi lahan kuburan yang kini statusnya sudah menjadi terdakwa.

"SK-nya sudah saya terima dari Gubenur, terhitung hari ini saya diangkat jadi Plh sehingga hari ini juga langsung konsolidasi dengan Pemerintah OKU," kata Edward saat dikonfirmasi, Selasa (9/3/2021).

Baca juga: 11 Hari Dirawat di Ruang Isolasi, Bupati OKU Kuryana Azis Meninggal

Edward mengatakan, ia akan menjabat sebagai Plh selama tiga bulan ke depan.

Dalam masa jabatan itu, Edward akan menjadi perpanjangan dari Gubernur Sumsel.

Sebab, sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Pemda) dan UU No 9 Tahun 2015, ketika terjadi kekosongan pimpinan di kota dan kabupaten, maka perlu dilakukan penunjukan eselon II dari persetujuan gubernur.

"Wewenang saya hanya sebatas pengawas jalannya pemerintahan sampai bupati definitif ditunjuk," ujar Edward.

Meski merangkap tiga jabatan, Edward mengaku tak akan mengalami masalah.

Ia akan memastikan roda pemerintahan di OKU tetap berjalan.

"Saya akan bekerja maksimal," kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X