Kompas.com - 04/03/2021, 07:22 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo KOMPAS.com/RISKA FARASONALIAGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyoroti kabar hilangnya pompa penanganan banjir di daerah Trimulyo, Kecamatan Genuk, Kota Semarang.

Ganjar telah mengklarifikasi langsung kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana untuk memastikan keberadaan pompa tersebut masih berada di tempat semula.

"Enggak ada yang hilang (pompa). Saya tanya ke BBWS dan ada beritanya enggak ada yang hilang, enggak ada yang dicopot, enggak ada yang dipindahkan," kata Ganjar ditemui di kantornya, Rabu (3/3/2021).

Baca juga: Wali Kota Semarang Kaget Pompa di Trimulyo Berkurang

Sebelumnya, saat meninjau lokasi banjir di Trimulyo pada Sabtu (27/2/2021) lalu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) mendapati pompa yang ada jumlahnya berkurang.

Pompa penanganan banjir di lokasi itu disebut telah diarahkan ke daerah luar Semarang, namun masih di Jawa Tengah.

Hendi lantas meminta Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang untuk melakukan koordinasi intensif dengan BBWS Pemali Juana dan Pemerintah Provinsi.

Pihaknya berharap salah satu pompa yang semula berada di Sungai Babon bisa kembali digunakan untuk penanganan titik genangan di wilayah tersebut.

Baca juga: BBWS Soal Hilangnya Pompa di Trimulyo Semarang: Tak Ada yang Dipindahkan

Menanggapi hal tersebut, Kepala BBWS Pemali Juana M Adek Rizaldi memastikan tidak ada pompa milik BBWS yang dipindahkan dari Trimulyo.

Pihaknya justru telah mengirimkan bantuan pompa portabel sebanyak dua unit dan telah dipasang sejak Jumat (26/2/2021) di lokasi tersebut.

Atas persoalan tersebut, Ganjar meminta agar keduanya bisa saling koordinasi supaya tidak terjadi kesalahpahaman.

"Ngobrol saja, sekarang harus lebih banyak ngobrol. Makanya kalau ada pompa hilang yang salah Ganjar saja," katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X