Satgas Covid-19 Cari Penginapan untuk Isolasi 39 Warga Satu RW di Bandung Barat

Kompas.com - 04/03/2021, 00:41 WIB
Ilustrasi Covid-19 Shutterstock/PetovargaIlustrasi Covid-19

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Asep Sodikin meminta Tim Satgas COVID-19 untuk cepat menangani  39 warga Kampung Pangkalan RW 10 Desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong, yang terkonfirmasi positif Covid-19, usai ziarah ke Tasikmalaya.

"Tim Satgas COVID-19 dari tingkat desa, kecamatan, hingga kabupaten, harus bertindak cepat melakukan langkah agar  meminimalisasi penyebaran," kata Asep di Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (3/3/2021).

Asep menambahkan, salah satu instruksi yang paling urgen adalah segera mencari tempat isolasi yang bisa menampung seluruh warga yang terpapar dengan tujuannya agar warga yang sehat tidak tertular.

 

Baca juga: Bupati Bandung Barat dan Istri Positif Terinfeksi Covid-19, Ini Penjelasan Dinkes

Selain itu, proses penyembuhan warga yang positif juga bisa lebih terfokus di satu tempat dan tidak terpisah-pisah.

Asep meminta tim Satgas Covid-19 Kabupaten Bandung Barat mencari hotel atau penginapan terdekat dari daerah sekitar yang memiliki banyak kamar.

Tempat itu, lanjut dia,  bisa dipinjam atau disewa untuk proses isolasi warga yang kondisinya kebanyakan adalah pasien tanpa gejala.

"Kalau ada hotel atau penginapan bisa dipinjam atau disewa, jadi penanganan bisa terkonsentrasi di satu titik. Di sana (Parongpong) kan banyak penginapan yang saat ini kosong," ungkapnya.

Meski demikian, apabila alternatif untuk menyewa hotel atau penginapan tidak memungkinkan, Asep menganjurkan agar warga yang sehat dengan yang positif terpapar Covid-19 dipisah

"Alternatif lainnya bisa yang sehat dikeluarkan (pisah rumah), seperti tinggal di saudara atau kerabatnya. Tapi harus dipastikan dulu bahwa dia itu kondisinya sehat," kata Asep.

Berkaca dari kejadian tersebut, Asep mengimbau warga Bandung Barat untuk tidak berpergian keluar daerah mengingat sekarang masih dalam kondisi PPKM mikro.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X