Setahun Pandemi Covid-19, 13 Kepala Daerah di Jatim Positif Corona, 4 di Antaranya Berpulang

Kompas.com - 02/03/2021, 15:23 WIB
Ilustrasi pasien Covid-19. Hormon kortisol atau hormon stres yang dialami pasien Covid-19 dapat meningkatkan keparahan penyakit hingga risiko kematian. SHUTTERSTOCK/namtipStudioIlustrasi pasien Covid-19. Hormon kortisol atau hormon stres yang dialami pasien Covid-19 dapat meningkatkan keparahan penyakit hingga risiko kematian.

SURABAYA, KOMPAS.com - Beberapa kepala daerah di Jawa Timur tercatat terkonfirmasi positif Covid-19 sejak virus tersebut masuk ke Indonesia tepat setahun lalu. Beberapa di antaranya meninggal saat mendapat perawatan.

Kompas.com mencatat, sebanyak 13 kepala daerah di Jawa Timur yang terkonfirmasi positif Covid-19, empat di antaranya meninggal.

Berikut deretan kepala daerah di Jawa Timur yang pernah terpapar Covid-19:

Tangkapan kamera unggahan instagram @khofifah.ipTANGKAPAN LAYAR INSTAGRAM @khofifah.ip Tangkapan kamera unggahan instagram @khofifah.ip
1. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengumumkan dirinya terkonfirmasi positif Covid-19 pada 2 Januari 2021. Hal itu diketahui berdasarkan tes dengan metode polymerase chain reaction (PCR) yang dilakukan pada 31 Desember 2020.

Khofifah tak mengalami gejala apa pun saat terkonfirmasi positif covid-19. Ia menjalani isolasi mandiri selama 29 hari.

Pada 30 Januari 2021, Khofifah kembali beraktivitas seperti biasa dan menunaikan tugas sebagai gubernur.

2. Bupati Jombang Munjidah Wahab

Bupati Jombang Mundjidah Wahab dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani tes swab pada 13 November 2020.

Mundjidah berinisiatif melakukan tes karena merasa kurang fit setelah menjalani aktivitas yang padat selama dua pekan sebelumnya.

Sebelum dinyatakan positif Covid-19, Mundjidah hanya mengeluh kurang bugar dan menderita diare. Ia tak mengalami gejala seperti pasien Covid-19 lain, yakni batuk atau pilek.

Baca juga: Oknum TNI Aniaya Pemuda, Danrem Binaya: Kasus Ini Tidak Akan Selesai dengan Minta Maaf

Setelah terkonfirmasi positif Covid-19, Mundjidah menjalani isolasi mandiri di rumah dinas bupati selama 10 hari.

Pada 24 November, ia menjalani pemeriksaan swab dengan hasil masih positif. Ia pun melanjutkan isolasi di RS dr Soetomo Surabaya.

Setelah merasa pulih, Mundjidah memutuskan meninggalkan RS dr Soetomo Surabaya, serta mengacu pada hasil pemeriksaan swab yang dilakukan 8 Desember.

Tiba di Jombang, Mundjidah kembali menjalani tes swab di RSUD Jombang pada Senin (14/12/2020). Setelah lima hari pulang dari rumah sakit dr Soetomo, hasil swabnya negatif.

3. Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengumumkan kondisi kesehatannya lewat video saat pelantikan dan pengambilan sumpah atau janji pejabat pimpinan tinggi pertama, administrator, pengawas, dan fungsional di Pendopo Rumah Rakyat, Selasa (29/12/2020).

Ika dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani tes swab dengan metode PCR sehari sebelumnya. Meski tanpa gejala, Ika tetap menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya. 

Sebelum Ika dinyatakan positif Covid-19, beberapa pegawai di rumah dinas wali kota terlebih dulu dinyatakan positif Covid-19. Sehingga, dirinya dan seluruh pegawai lain melakukan tes swab.

4. Bupati Gresik Sambari Halim Radianto

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dinyatakan positif Covid-19 setelah melakukan tes swab di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ibnu Sina, Senin (28/12/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Gresik, Saifudin Gozali menyebut, Sambari dalam kondisi baik dengan gejala ringan saat menderita Covid-19. Sambari dirawat di salah satu rumah sakit di Surabaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X