Kompas.com - 02/03/2021, 15:11 WIB
ILUSTRASI KEMARAU  
KOMPAS/RINI KUSTIASIHILUSTRASI KEMARAU

PALEMBANG, KOMPAS.com - Sumatera Selatan diperkirakan akan mulai mengalami musim kemarau pada pertengahan Mei 2021 mendatang.

Dalam kurun waktu tersebut, intensitas hujan mulai menurun dan diperkirakan tidak akan turun hujan selama 3 bulan ke depan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Selatan mencatat, pada 2020 kemarin, kondisi musim kemarau cukup basah, karena dipengaruhi oleh La Nina.

Baca juga: Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan, Sumsel Ajukan Helikopter dan TMC

Namun, pada 2021 ini, pengaruh La Nina akan mulai menurun sekitar Mei.

Bahkan, dua Kabupaten di Sumatera Selatan seperti Ogan Komering Ilir (OKI) dan Musi Banyuasin (Muba) sudah mengalami kekeringan.

"Diperkirakan tahun ini kondisi kemarau akan berlangsung seperti 2019, puncak kemarau  Agustus," kata Kepala Stasiun Klimatologi Palembang Hartanto kepada wartawan, Selasa (2/3/2021).

Hartanto menjelaskan, penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera Selatan harus dilakukan secara cepat.

Sebab, mereka memprediksi hari tanpa hujan (HTH) akan berlangsung lama.

HTH sendiri akan berlangsung pada Juni, Juli dan Agustus 2021.

Dengan demikian, potensi kebakaran hutan dan lahan akan terus terjadi selama kurun waktu tersebut.

Baca juga: UPDATE Covid-19 di Jabar, Jateng, Banten, Sumsel, Babel, dan Lampung 1 Maret 2021

"Perlu langkah cepat bagi pemerintah dan pihak-pihak penanganan karhutla untuk waspada, karena HTH akan berjalan cukup lama. Tahun ini akan lebih kering dibanding tahun 2020," ujar dia.

Menurut Hartanto, selama tiga bulan itu, intensitas hujan kurang dari 50 milimeter per 10 hari, sehingga berpotensi menimbulkan karhutla akibat cuaca panas.

"Ketika kemarau, peluang hujan kecil, yakni di bawah 50 milimeter per 10 hari.  Namun, untuk sekarang curah hujan masih tinggi," kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X