Setahun Pandemi Corona, Ini Kasus Pertama di Malang dan Cerita Kesembuhannya

Kompas.com - 02/03/2021, 05:37 WIB
Ilustrasi virus corona di Indonesia(Shutterstock) KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFALIlustrasi virus corona di Indonesia(Shutterstock)

MALANG, KOMPAS.com – Sudah genap satu tahun Indonesia dilanda pandemi Covid-19 sejak Presiden Joko Widodo mengumumkan pasien Covid-19 pertama pada 2 Maret 2020 lalu.

Di Malang, pasien Covid-19 terdeteksi pada Rabu, 18 Maret 2020 ketika pihak Rumah Sakit Umum Daerah Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang mengumumkan bahwa telah merawat dua pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

“Yang positif pasien ke-7 dan ke-8,” kata Wakil Direktur RSSA Kota Malang saat itu, Syaifullah Asmiragani dalam konferensi pers di RSSA Kota Malang pada Rabu (18/3/2020).

Ketika itu, pihaknya sudah merawat 10 pasien pengawasan dan suspect Covid-19. Namun, hanya dua yang terkonfirmasi positif terjangkit virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Baca juga: Pria Ini Baru Tahu Positif Covid-19 Setelah Sembuh dan Dipulangkan ke Rumah

Satu dari pasien itu, yakni pasien ke-8, sudah meninggal dunia terlebih dahulu sebelum hasil uji lab yang menyatakan dirinya positif, keluar.

Pasien itu merupakan pasien perempuan berusia 51 tahun dan merupakan warga Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasien itu menjalani perawatan di RSSA pada 12 Maret 2020, kemudian pada 14 Maret 2020 atau dua hari kemudian meninggal dunia.

Pasien lainnya, yakni pasien ke-7 masih dalam perawatan saat diumumkan.

Pasien itu adalah RHW hesa Haryo Wicaksono (22), mahasiswa semester akhir Teknik Industri Univeritas Brawijaya (UB) saat itu.

Rhesa berhasil sembuh dari Covid-19. Dia sembuh pada Jumat, 20 Maret 2020 dan dipulangkan pada Sabtu, 21 Maret 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X