Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Tambak Dipasena Dibangun Ulang, Bupati Tulang Bawang Berikan Apresiasi kepada Jokowi

Kompas.com - 01/03/2021, 17:50 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com – Bupati Tulang Bawang Winarti mengapresiasi kebijakan pemerintah pusat yang telah memperbaiki jalur distribusi ke Tambak Dipasena.

“Presiden Joko Widodo (Jokowi) tahun ini mengeksekusi pembangunan jalan nasional sepanjang 33,4 kilometer (km) dari Tugu BMW Simpang Penawar sampai Gedong Aji Baru. Besaran anggaran mencapai Rp 184 miliar,” papar Winarti.

Ucapan tersebut disampaikan Winarti menyusul rencana pemerintah pusat membangun kembali tambak udang Dipasena di Tulang Bawang menjadi tambak unggulan.

Menurut Winarti, keberhasilan pembangunan Tambak Dipasena sangat bergantung pada kelancaran jalur distribusi.

Baca juga: Bangun Jalan Sepanjang 33,4 Km, Bupati Tulang Bawang: Demi Kesejahteraan Masyarakat

“Pembangunan jalan itu akan diteruskan ke Dipasena pada 2022 mendatang. Dengan begini, petambak udang di Dipasena akan memiliki akses dan mempermudah penjualan mereka,” terangnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (1/3/2021).

Sebagai informasi rencana pembangunan ulang tambak itu disampaikan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki saat melakukan kunjungan kerja ke Tambak Dipasena, Kecamatan Rawajitu Timur, Kabupaten Tulang Bawang, Sabtu (27/2/2021).

Bupati Tulang Bawang Winarti menyasikkan aktivitas menambak udang di Tambak Dipasena, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, Sabtu (27/2/2021)DOK. Humas Pemkab Tulang Bawang Bupati Tulang Bawang Winarti menyasikkan aktivitas menambak udang di Tambak Dipasena, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, Sabtu (27/2/2021)

Dalam kunjungan itu, Teten didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Lampung Darminto, Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Provinsi Lampung Brigadir Jenderal (Brigjen) Subianto, dan Bupati Tulang Bawang Winarti.

Selain itu, hadir pula Asisten Deputi Pembangunan dan Pembaruan Perkoperasian Bagus Rachman, Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Riza Damanik, Ketua Perhimpunan Petambak Pembudidaya Udang Wilayah (P3UW) Lampung Suratman, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tulang Bawang.

Baca juga: Foto Syurnya Viral, Oknum Anggota DPRD Tulang Bawang Barat Ditangkap Polisi

Teten menjelaskan, untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional yang lesu selama pandemi Covid-19, Presiden Jokowi telah menginstruksikan sejumlah kebijakan prioritas produksi udang.

“Kedatangan saya ke Tulang Bawang salah satunya adalah mengajak masyarakat untuk membangun kembali tambak udang Dipasena menjadi tambak besar dan unggulan,” kata Teten.

Terlebih, kata Teten, Kementerian Koperasi dan UKM, saat ini telah membantu mengoptimalkan pembangunan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Dipasena. 

“Dipasena merupakan wilayah penghasil udang terkenal di pasar internasional. Terkait pembiayaan ini, kami akan segera berkoordinasi dengan kementerian terkait,” tutur Teten.

Baca juga: Cara Polisi Menguatkan Keluarga Korban Sriwijaya Air di Tulang Bawang Barat

Lebih jauh, pada kesempatan kunjungan itu, Winarti turut mempromosikan batik Meduaro. Ini merupakan batik bercorak buah naga khas Kabupaten Tulang Bawang.

“Ini simbol dan kekhasan Kampung Wiratama, Penawartama. Buah naga adalah produk khas unggulan di daerah tersebut,” kata Winarti. (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com