Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Negerikan Unimal Aceh, Gus Dur Diberi Penghargaan

Kompas.com - 26/02/2021, 15:42 WIB
Masriadi ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara memberikan penghargaan kepada keluarga almarhum Abdurrahman Wahid yang akrab disapa Gus Dur, Jumat (26/2/2021) di Jakarta.

Penghargaan itu diberikan karena Gus Dur telah ikut menegerikan kampus dengan nama besar Sultan Malikussaleh, di Aceh Utara.

Baca juga: Antisipasi Virus Corona, Unimal Aceh Utara Tiadakan Kuliah Tatap Muka

Rektor Universitas Malikussaleh, Dr Herman Fithra, dalam keterengan tertulisnya menyebutkan, Gus Dur berjasa besar dalam proses penegerian Unimal. Kampus itu sebelumnya berstatus kampus swasta milik Pemerintah Kabupaten Aceh Utara.

Dalam pandangan Gus Dur, pendidikan menjadi salah satu kunci menyelesaikan konflik bersenjata di Aceh. Penghargaan itu diterima Alissa Wahid, Anita Wahid dan Inayah Wahid, tiga putri Gus Dur di Jakarta.

“Awalnya kita ingin berikan penghargaan tahun lalu. Namun tertahan pandemi. Tahun ini, niat itu kita tuntaskan,” kata Herman.

Dia mengucapkan terima kasih atas nama rakyat Aceh untuk Gus Dur dan keluarga. Niat baik Gus Dur mendukung penegerian kampus itu berkali-kali disampaikan pada para pendiri dan sejumlah ulama besar Aceh yang turut mendukung proses penegerian kampus itu.

Baca juga: Harapan Rektor Unimal ke Mendikbud Nadiem Makarim: Aceh Jadi Pusat Pendidikan

“Kami ucapkan terima kasih atas jasa Gus Dur untuk proses penegerian kampus ini. Setelah Gus Dur tak jadi presiden, penegerian ditandatangani Presiden berikutnya Megawati Sukarno Putri,” pungkas Herman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com