Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Sulsel Resmi Lantik 11 Kepala Daerah Hasil Pilkada 2020

Kompas.com - 26/02/2021, 11:56 WIB
Hendra Cipto,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah resmi melantik 11 pasangan kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2020  di Baruga Karaeng Pattingalloang, Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jumat (26/2/2021).

Sebagian kepala daerah dilantik secara virtual dan sisanya dilantik Nurdin secara langsung.

Mereka yang dilantik adalah Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi, Bupati dan Wakil Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan - Abdul Rauf Mallagani, Bupati dan Wakil Bupati Chaidir Syam-Suhartina Bohari, Bupati dan Wakil Bupati Pangkajene Kepulauan (Pangkep) Muhammad Yusran Lalogau-Syahban Sammana, serta Bupati dan Wakil Bupati Barru Suardi Saleh-Aska Mappe.

Baca juga: Hapus Keraguan Masyarakat, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Siap Divaksin Covid-19

Kemudian, Bupati dan Wakil Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak-Lutfi Halide, Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Selayar Basli Ali-Syaiful Arif, Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf, Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung-Zadrak Tombeg, Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara Andi Indah Putri Indriani-Suaib Mansyur, serta Bupati Luwu Timur Budiman Hakim.

“Pada hari ini Jumat 26 Februari 2021. Saya Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan atas nama Presiden Republik Indonesia dengan ini resmi melantik. Saya percaya bahwa saudara-saudari dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan,” sebut Nurdin Abdullah memulai pelantikan.

Nurdin Abdullah menyatakan harapan agar para pimpinan daerah dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

Pelantikan dimulai dari kepala daerah Makassar, Barru, Soppeng, Luwu Utara, Gowa, Kepulauan Selayar, Bulukumba, Pangkajene Kepulauan, Maros, Tana Toraja kemudian Luwu Timur.

Baca juga: Ganjar Resmi Lantik Gibran Jadi Wali Kota Solo

Dari 12 daerah yang menyelenggarakan, hanya satu belum dilakukan pelantikan yaitu Toraja Utara. 

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara akan dilaksanakan secara terpisah pada 31 Maret mendatang. Hal ini disesuaikan dengan masa akhir jabatan bupati.

Sedangkan untuk calon Bupati Luwu Timur, Thoriq Husler meninggal dunia usai hari pencoblosan, akhirnya wakilnya Budiman Hakim dilantik sebagai Bupati Luwu Timur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com