Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

125 Rumah di Kota Tegal Rusak Diterjang Puting Beliung

Kompas.com - 26/02/2021, 11:34 WIB
Tresno Setiadi,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

TEGAL, KOMPAS.com- Bencana angin puting beliung melanda Kota Tegal, Jawa Tengah, Jumat (26/2/2021).

Sedikitnya 125 rumah dilaporkan mengalami kerusakan di dua kelurahan di Kecamatan Margadana, dalam kejadian yang terjadi sekitar pukul 04.00 WIB.

Data Palang Merah Indonesia Kota Tegal menyebutkan, dari 125 rumah, 81 berada di lima rukun warga (RW) di Kelurahan Margadana, dan 44 rumah berada di tiga RW di Kelurahan Kalinyamat Kulon.

Baca juga: 170 Rumah Warga di Demak Rusak Diterjang Puting Beliung, 1 Roboh

Ketua RT 06, RW 03, Kelurahan Kalinyamat Kulon, Endang mengatakan, saat itu kejadian tepatnya pukul 03.45 WIB angin datang begitu kencang.

Saat itu kondisi listrik juga padam, meski kondisi tidak sedang hujan.

"Persisnya pukul 03.45 WIB, angin sangat kencang. Waktu itu saya berada di dalam rumah. Baru sekitar pukul 04.00 WIB angin mereda saya keluar rumah," kata Endang ditemui di posko RW 03.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari melalui Kapolsek Margadana Kompol I Ketut Lanus mengungkapkan, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam kejadian itu.

Baca juga: Angin Puting Beliung Hantam Lumajang, Rusak 46 Rumah Warga

Hanya saja, atap rumah beterbangan dan mengalami kerusakan. Seperti genteng dan seng. Selain itu, sejumlah pohon juga dilaporkan tumbang.

"Tidak ada korban luka maupun jiwa. Hanya kerugian material seperti atap genteng dan seng yang rusak," kata Lanus, di lokasi.

Lanus mengatakan, hingga siang hari sejumlah petugas gabungan di antaranya dari TNI-Polri, BPBD, PMI, ormas hingga relawan masih bekerja di lapangan untuk membantu warga.

"Yang dibutuhkan warga saat ini, material bangunan, tenaga dan bantuan makanan untuk membantu warga terdampak," sebut Lanus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com