Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di Banyumas Belum Dimulai

Kompas.com - 23/02/2021, 12:56 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Vaksinasi Covid-19 bagi lansia di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, belum akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas Dwi Mulyanto mengatakan, berdasarkan pendataan yang dilakukan terdapat sekitar 80.000-an lansia.

"Di (tingkat) kabupaten belum (ada vaksinasi untuk lansia, diprioritaskan di ibu kota provinsi dulu, itu pun enggak banyak, karena vaksinnya terbatas, sini belum," kata Dwi kepada wartawan, Selasa (23/2/2021).

Baca juga: Dua Mekanisme Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di Jakarta

Vaksinasi tahap kedua di Banyumas, kata Dwi, diprioritaskan untuk tenaga kesehatan yang belum divaksin pada tahap pertama, tokoh agama, anggota dewan, TNI, polisi, dan sebagian pegawai pemerintah.

"Tahap kedua ini kami mendapat 12.750 dosis, dibagi dua jadi untuk 6.370 sasaran. Tenaga kesehatan yang belum divaksin pada tahap pertama juga belum semuanya akan divaksin pada tahap kedua ini," ujar Dwi.

Namun Dwi mengatakan, pada prinsipnya seluruh masyarakat akan mendapatkan vaksin Covid-19.

Vaksinasi akan dilakukan secara bertahap menyesuaikan jumlah vaksin yang tersedia.

Baca juga: Vaksinasi untuk Lansia di Bangka Belitung Dimulai Maret 2021

"Intinya kami sudah siap melakukan vaksinasi. Fasilitas kesehatan (untuk pelaksanaam vaksinasi) juga kami perbanyak," kata Dwi.

Pada tahap pertama, Pemkab menyiapkan 59 fasilitas kesehatan untuk pelaksanaan vaksinasi. Pada tahap kedua ini telah ditambah menjadi 89 fasilitas kesehatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com