Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Sakit Dievakuasi Pakai Gerobak Lewati 5 Sungai dan Pantai, Ini Penjelasan Dinkes

Kompas.com - 22/02/2021, 20:20 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

 

AMBON, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku, angkat bicara soal ada warga yang terpaksa dievakuasi dengan gerobak menuju puskesmas untuk mendapatkan perawaran medis.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Seram Bagian Timur, Malik RM Yusuf mengatakan, warga yang dibawa dengan gerobak dari Desa Mising ke Kilmuri itu kini telah mendapat penanganan medis di puskesmas.

"Tadi, saya dapat laporan dari kepala puskesmas dia (korban) kondisinya sudah baik, sudah pemulihan sekarang," kata Malik, kepada Kompas.com saat dihubungi dari Ambon, Senin (22/2/2021).

Malik mengakui, pihak keluarga terpaksa membawa korban ke puskesmas Kilmuri sambil menyusuri pantai lantaran jalur laut yang biasa dilalui warga saat ini tak bisa dilalui karena cuaca buruk dan gelombang tinggi.

Baca juga: Demi Mendapat Pertolongan, Dahlan Dievakuasi dengan Gerobak, Lewati 5 Sungai dan Pantai

Kendala lainnya, kata Malik, tidak adanya akses jalur darat dari Desa Mising menuju Kilmuri membuat warga terpaksa menempuh satu-satu jalur yang ada.

"Jadi, masalahnya ini soal sarana dan prasarana transportasi, kami sudah siapkan ambulans tapi kendalanya itu di akses transportasi yang belum ada," kata Malik.

Selain masalah akses transportasi yang tidak tersedia, ia juga mengakui bahwa di Desa Mising sejauh ini belum ada puskesmas atau pustu yang dibangun sehingga warga yang sakit selalu dibawa ke Kilmuri.

"Kalau di Desa Selor itu ada Pustu tapi warga biasa langsung bawa ke Kilmuri, kalau di Mising itu belum ada pustu maupun puskesmas," kata dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com