Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua Dimulai Besok, Grobogan Dapat Jatah 12.000 Dosis

Kompas.com - 22/02/2021, 19:51 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Dony Aprian

Tim Redaksi

GROBOGAN, KOMPAS.com - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, dimulai pada Selasa (23/2/2021) besok.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan dr Slamet Widodo menyampaikan, jatah vaksin tahap kedua yang akan diterima jumlahnya sekitar 12.000 dosis yang diperuntukkan bagi 6.000 orang.

"Hari ini petugas mengambil jatah vaksin tahap kedua di Semarang dan mulai besok pagi akan langsung dilaksanakan vaksinasi tahap kedua secara bertahap. Pelaksanaan vaksinasi di fasilitas pelayanan kesehatan yang sudah disiapkan," kata Slamet saat dihubungi Kompas.com, Senin (22/2/2021).

Baca juga: Ganjar Minta Kepala Daerah di Jateng Kawal Percepatan Vaksinasi Covid-19

Menurut Slamet, untuk jatah vaksin Sinovac tahap kedua akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan yang tertunda karena batuk, flu, tekanan darah tinggi, hamil dan menyusui.

"Nakes yang tertunda mendapatkan vaksinasi tahap pertama sekitar 500 orang. Setelah nakes, prioritas pemberian vaksin berikutnya adalah sektor pelayanan publik. Sebut saja TNI, Polri, Satpol PP dan OPD pelayanan publik," ungkap Slamet.

Slamet menjelaskan, untuk jatah vaksin Sinovac yang diterima pada tahap pertama sebanyak 9.680 dosis.

Selain bupati, jajaran Forkompinda serta kepala OPD, jatah vaksin tahap awal juga diberikan kepada 4.611 nakes yang tersebar di 30 puskesmas dan 8 rumah sakit di Kabupaten Grobogan.

Baca juga: Cerita Tenaga Medis Lansia Disuntik Vaksin Covid-19: Tidak Khawatir hingga Lebih Percaya Diri

Sementara itu, sambung Slamet, target vaksinasi tahap selanjutnya akan menyasar 70 persen dari jumlah penduduk Grobogan atau sekitar 700.000 orang.

"Untuk tahap vaksinasi kepada masyarakat ini diperkirakan dimulai pada bulan Maret atau Apri mendatang," pungkas Slamet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com