Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksinasi Gelombang II Dimulai, Ganjar Targetkan 1.000 Orang Divaksin Setiap Hari

Kompas.com - 22/02/2021, 15:03 WIB
Riska Farasonalia,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Pelaksanaan vaksinasi gelombang II bagi pelayanan publik tengah berlangsung di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Jawa Tengah, pada Senin (22/2/2021).

Ratusan aparatur sipil negara (ASN) tampak sedang duduk di bangku antrean yang terbagi menjadi dua ruangan.

Mereka menunggu giliran setiap tahapan untuk screening kesehatan, verifikasi data diri, hingga proses penyuntikan vaksin.

Baca juga: Cerita Tenaga Medis Lansia Disuntik Vaksin Covid-19: Tidak Khawatir hingga Lebih Percaya Diri

Selain ASN, ada juga pejabat BUMD, TNI, Polri, sekuriti, atlet, hingga awak media turut serta dalam pelaksanaan vaksinasi.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menargetkan pelaksanaan vaksinasi gelombang II dilakukan kepada sebanyak 1.000 pelayan publik setiap harinya.

"Harapan kita, dari jadwal kemudian sisi personelnya itu semua bisa dioptimalkan, sehingga kalau umpama ada yang sakit dan tidak bisa datang, yang belakangnya langsung bisa naik. Nah, tinggal kita ketertiban pendataan ini jadi satu yang penting. Insya Allah mudah-mudahan lancar hari ini,” ujarnya.

Ganjar optimistis vaksinasi gelombang II ini dapat berjalan lebih cepat karena data kepegawaian sudah lengkap sehingga lebih mudah.

Baca juga: Survei Parameter Politik: 55,7 Persen Responden Yakin Kualitas dan Keamanan Vaksin Covid-19

Selain itu, sistem pendataan vaksinasi yang lebih terbuka dari Kementerian Kesehatan juga memudahkan.

“Ini kita coba serentak hari ini dan langsung kita targetkan sehari minimal 1.000. Kalau dari pendataannya gampang, karena justru ini dari ASN TNI-Polri pegawai-pegawai kan data kepegawaiannya lengkap. Tinggal dibuatkan penjadwalannya saja, dan itu tidak rumitlah, insya Allah sih gampang,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 100.430 vial vaksin atau sekitar 1 juta dosis vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah pada Minggu (21/2/2021).

Vaksin ini merupakan gelombang II yang diperuntukkan bagi pelayan publik dan lansia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com