Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua, Pedagang Malioboro hingga Beringharjo Akan Disuntik Vaksin

Kompas.com - 21/02/2021, 21:43 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan melakukan vaksinasi tahap kedua yang dimulai pada Senin (1/3/2021).

Vaksinasi tahap kedua akan digelar secara massal di Pasar Beringharjo, Benteng Vrederburg, Malioboro, dan Taman Parkir Abu Bakar Ali.

Sebanyak 19.897 jiwa tercatat menjadi calon penerima vaksin. Dari jumlah itu, 8.144 orang merupakan pedagang Pasar Beringharjo dan sekitarnya, 2.600 masyarakat sekitar Malioboro dan Alun-alun Utara, dan 9.153 pegawai toko di sepanjang kawasan Malioboro.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melihat langsung persiapan vaksinasi di dua lokasi, yakni Pasar Beringharjo dan Benteng Vredeburg.

“Dalam kunjungan ini, saya mau minta izin karena beliau (Sri Sultan Hamengku Buwono X) kan tuan rumahnya, karena rencana 1 Maret mendatang, kami akan mengadakan vaksinasi untuk pedagang di Pasar Beringharjo. Semoga agendanya dapat berjalan lancar.” kata Budi melalui keterangan tertulis, Minggu (21/2/2021).

Baca juga: Klaim PPKM Mikro Efektif, Khofifah: Sebelumnya Ada 210 RT Berstatus Zona Merah, Sekarang Nihil

Menurutnya, pedagang pasar merupakan kelompok rentan karena setiap hari berinteraksi dengan banyak orang.

“Kita lihat kalau mereka kan ketemu dengan langganannya, ketemu banyak orang, oleh karena itu kita akan vaksinasi mereka,” terang Budi.

Budi menambahkan, hampir semua tenaga medis di Yogyakarta menerima vaksin Covid-19.

“Tenaga kesehatan di DIY hampir semuanya sudah divaksinasi. Meski masih ada beberapa yang perlu diberikan vaksin tambahan, itu sudah didata dan akan dilakukan segera. Selain itu, vaksinasi untuk lansia DIY yang berjumlah sekitar 15% akan diprioritaskan,” kata Budi.

Selain kepada pedagang dan lansia, vaksinasi Covid-19 tahap kedua juga diberikan kepada petugas pelayanan publik seperti tenaga pendidik, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat negara, pegawai pemerintah, petugas keamanan, petugas transportasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com