Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karhutla Juga Melanda Dumai, Puluhan Petugas Diterjunkan ke Lokasi untuk Pemadaman Api

Kompas.com - 20/02/2021, 14:57 WIB
Idon Tanjung,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Selain di Kabupaten Pelalawan, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) juga terjadi di Kota Dumai, Provinsi Riau, Sabtu (20/2/2021).

Kepala Manggala Agni Sumatera V Daerah Operasi (Daops) Dumai Ismail Hasibuan saat dikonfirmasi mengatakan, hari ini tim melakukan pemadaman api yang membakar lahan tanah gambut di Kelurahan Bukit Timah, Kecamatan Dumai Selatan, Dumai.

Menurutnya, saat ini kebakaran sudah berhasil di atasi setelah petugas gabungan dari TNI, Polri, Manggala Agni, BPBD dan Masyarakat Peduli Api (MPA) berjibaku memadamkan api.

"Pemadaman sudah kami lakukan hingga tuntas hari ini. Tidak ada lagi sisa api di dalam gambut," sebut Ismail, kepada Kompas.com melalui pesan WhatsApps, Sabtu.

Baca juga: Diadang Asap dan Sumber Air Terbatas, Pemadaman Karhutla di Riau Terkendala

Ia mengatakan, begitu mendapat laporan adanya karhutla di Kelurahan Bukit Timah, tim Manggala Agni langsung berangkat ke lokasi melakukan pemadaman.

Pemadaman turut dibantu TNI, Polri, BPBD dan masyarakat yang jumlahnya sekitar 29 orang.

Petugas awalnya berupaya memutus penjalaran api ke lahan yang belum terbakar. Setelah disekat, petugas fokus melakukan pemadaman titik api.

"Lahan yang terbakar ini berisi semak belukar, ilalang dan ada sebagian tanaman sawit. Luas lahan yang terbakar lebih kurang setengah hektare," kata Ismail.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com