Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curiga Ada Povokasi KLB ke Demokrat Jabar, Organisasi Sayap Turun Tangan

Kompas.com - 19/02/2021, 20:57 WIB
Farida Farhan,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Organisasi sayap Partai Demokrat Insan Muda Demokrat Indonesia (IMDI) Jawa Barat mengendus adanya upaya memprovokasi kader Demokrat Jabar oleh mantan pengurus untuk mengikuti Kongres Luar Biasa Demokrat.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IMDI Jabar H Irwan Koesdradjat menyatakan, pihaknya sudah melakukan langkah persuasif dengan menyatakan sikap langsung kepada seseorang yang berusaha memprovokasi pengurus Demokrat Jabar untuk menggelar Kongres Luar Biasa (KLB).

Orang dimaksud adalah mantan pengurus Demokrat yang kini sudah berlabuh ke partai lain, yakni berinsial DH.

Baca juga: Dicopot dari Jabatan Ketua DPC Demokrat Blora, Bambang Susilo Akan Layangkan Somasi

Irwan menuding orang tersebut berupaya mengorganisir beberapa para ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan kader Partai Demokrat Jawa Barat untuk ikut melaksanakan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat.

"Kami sudah mendatangi rumahnya di Karawang. Tapi kebetulan beliau tidak ada di rumah. Lalu kami memberikan pernyataan sikap kepada beliau," kata Irwan kepada Kompas.com via sambungan telepon, Jumat (19/2/2021).

Irwan mengatakan, pihaknya mengecam langkah provokatif yang dilakukan mantan pengurus yang akan mengadakan KLB Partai Demokrat.

"Saudara DH menjanjikan sejumlah uang dengan rincian akan dibayar 25 persen di muka dan sisanya saat pelaksanaan kongres luar biasa kepada para ketua DPC atau kader partai Demokrat yang ikut serta dalam KLB," katanya.

Menurut Irwan, tindakan tidak terpuji tersebut sangat melanggar kode etik dan hukum mengingat DH saat ini statusnya bukan lagi sebagai pengurus maupun kader Partai Demokrat.

Maka dari itu, DPD IMDI Jawa Barat mendesak DH agar menghentikan tindakannya. Jika tidak, pihaknya akan menempuh jalur hukum.

"Kami akan melakukan tindakan kepada pihak yang berwajib bilamana beliau (DH) masih memprovokasi kader-kader Demokrat di Jawa Barat," tandas ketua Bappilu Demokrat Jawa Barat ini.

"Tolong jangan ganggu partai kami yang sudah kondusif," tandas Irwan.

Baca juga: Ketua DPC Blora yang Dukung KLB Dicopot, Partai Demokrat Tunjuk Plt

Sementara itu, DH ketika dikonfirmasi Kompas.com via WhatsApp belum menanggapi terkait tudingan tersebut. Pesan yang disampaikan Kompas.com sudah terkirim dengan status centang biru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com