Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Respons HB X soal Kantor Pemerintah di DIY Digeledah KPK

Kompas.com - 19/02/2021, 14:27 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubowono X (HB X) menanggapi penggeledahan dua kantor pemerintahannya yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan korupsi renovasi Stadion Mandala Krida. 

Dua kantor yang digeledah adalah Balai Pemuda dan Olahraga DIY serta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikora) DIY.

HB X berharap agar pengusutan dugaan korupsi tersebut bisa segera diselesaikan. 

Baca juga: Gubernur DIY Sultan HB X Siap Dialog dengan ARDY, Dimediasi Ombudsman RI

"Itu kan persoalan lama. Ya, cepat selesaikan saja supaya tidak berkepanjangan," ujar Sultan ditemui di Kantor Gubernur DIY, Kompleks Kepatihan Kota Yogyakarta, Jumat (19/2/2021).

"Proses hukumnya silakan saja," imbuh dia.

Sultan HB X pun tidak masalah jika nantinya ada pejabat di Pemerintah DIY yang harus berurusan dengan hukum dalam kasus ini.

"Ya ndak papa, kalau memang salah mau apa, tapi kan prosesnya belum sampai di situ. Kalau memang ada sesuatu yang sifatnya pidana proses saja," ujar dia.

Baca juga: Ini Hal-hal yang Bikin Sultan HB X Dianggap Langgar HAM dan Dilaporkan

Sebagai informasi, KPK menggeledah Balai Pemuda dan Olahraga DIY serta Disdikora DIY pada Rabu (17/2/2021). Ada sejumlah dokumen yang disita dari penggeledahan tersebut. 

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, dalam renovasi Stadion Mandala Krida 2012-20217 ada dugaan penyimpangan kualitas material dan harganya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com