Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Rusak Berat akibat Semburan Gas, Pesantren di Pekanbaru Boleh Dibuka Lagi

Kompas.com - 19/02/2021, 08:09 WIB
Idon Tanjung,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Semburan gas yang terjadi di Pondok Pesantren Al Ihsan Boarding School Riau Kampus 2 di Kelurahan Tuah Negeri, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau, tidak menyebabkan keretakan tanah di sekitarnya.

Hal ini diketahui setelah dilakukan pengecekan oleh tim dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau dan pihak swasta.

Kepala ESDM Riau Indra Agus Lukman mengatakan, begitu semburan gas mulai menurun, pihaknya bersama tim dari EMP Bentu kemudian melakukan pengecekan struktur tanah di sekitar lokasi semburan gas.

Baca juga: Setelah 2 Minggu, Lubang Semburan Gas di Pesantren Pekanbaru Ditutup Lempengan Besi

"Alhamdulillah, sekitar lokasi semburan tidak ada retakan tanah, kecuali di tempat semburan gas itu saja," ucap Indra kepada wartawan, Kamis (18/2/2021).

Melihat kondisi tersebut, menurut Indra, setelah nantinya penutupan lubang semburan selesai dilakukan, maka kegiatan sekolah di Ponpes Al Ikhsan diperbolehkan untuk dilanjutkan lagi.

Namun, kondisi bangunan pesantren mengalami rusak berat.

Hampir semua bangunan rusak akibat lumpur dan batu yang disemburkan oleh gas rawa itu.

"Terkait kondisi pesantren yang mengalami kerusakan, tentunya pemerintah tidak akan tinggal diam. Bantuan akan diberikan baik dari Pemerintah Provinsi Riau maupun dari Pemerintah Kota Pekanbaru," kata Indra.

Baca juga: Catatan 11 Hari Semburan Gas di Pesantren Pekanbaru


Seperti diketahui, hampir seluruh bangunan Ponpes Al Ihsan Boarding School Riau Kampus 2 rusak akibat lumpur dan batu yang disemburkan gas.

Bagian atap bangunan pondok roboh dan pekarangan penuh lumpur.

Sebanyak 34 orang santri kini belajar di Ponpes Al Ihsan kampus utama di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Kelengkapan santri juga dievakuasi ke sana.

Kepala Sekolah Ponpes Al Ihsan Boarding School Riau Kampus 2 Untung Wahyudi sebelumnya berharap ada pihak-pihak yang bersedia memperbaiki bangunan pesantren yang rusak.

"Kami berharap ada turun bantuan, karena bisa kita lihat hampir seluruh bangunan pondok rusak parah," kata Untung kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sebagaimana diberitakan, gas menyembur ketika pengeboran sumur bor di kedalaman 119 meter di Ponpes Al Ihsan Boarding School Kampus 2 di Kelurahan Tuah Negeri, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (4/2/2021), sekitar pukul 14.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com