Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinilai Menguntungkan, Kota Serang Mau Tampung 400 Ton Sampah Tangsel

Kompas.com - 18/02/2021, 16:45 WIB
Rasyid Ridho,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SERANG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang Ipiyanto mengatakan, kerja sama pengolahan sampah dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan dinilai menguntungkan.

Keuntungan Pemkot Serang yang diperoleh senilai Rp 48 miliar dari kompensasi yang akan digunakan untuk meningkatkan kapasitas pengolahan sampah di TPA Cilowong.

Menurutnya, dengan hanya mengandalkan APBD Kota Serang dianggap tidak dapat menuntaskan permasalahan sampah yang saat ini terjadi.

"Satu hal menjadi keuntungan adalah bahwa dengan adanya bantuan dari Tangsel ini kami Pemkot Serang dapat membeli alat, sekaligus menyelesaikan persoalan sampah dari Tangsel, dan persoalan sampah di kami yang sudah cukup lama," kata Ipiyanto kepada wartawan.

Baca juga: Wali Kota Serang Ancam Batalkan Kerja Sama Pengolahan Sampah dengan Tangsel, jika...

Saat ini, luas lahan di TPA Cilowong 12 hektar dengan 800 ton sampah yang ditampung berasal dari wilayah Kota Serang dan Kabupaten Serang ke TPA Cilowong setiap harinya.

"Anggaran yang didapat Rp 48 miliar itu bukan bicara masalah untung rugi, bukan masalah pendapatan. Tapi bagaimana pemerintah Tangsel untuk bisa membuang sampah ke kami dan kami bisa membantu permaslaahan Tangsel," ujar Ipiyanto.

Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, TPA Cilowong saat ini dapat menampung maksimal 1.000 ton sampah setiap harinya.

"Sampah 400 ton itu menurut saya masih bisa ditampung. Kalau sampah tidak diolah sampai 2026," kata Syafrudin yang juga pernah menjabat Kepala Dinas LH Kota Serang itu.

Baca juga: Warga Serang Menolak Pengiriman 400 Ton Sampah Tangsel ke TPA Cilowong, Ini Alasannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com