Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota KKB yang Tantang TNI-Polri Perang Tewas oleh Aparat

Kompas.com - 16/02/2021, 17:49 WIB
Robertus Belarminus

Editor

KOMPAS.com - Tiga anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) tewas oleh aparat di Puskesmas Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Senin (15/2/2021).

Tiga anggota KKB yang tewas adalah Janius Bagau, Januarius Sani dan Justinus Bagau.

Dua di antara tiga anggota KKB tersebut pernah menandatangani surat pernyataan perang terhadap TNI-Polri.

"Janius Bagau dan Januarius Sani keduanya turut menandatangani surat pernyataan perang kepada TNI Polri yang beberapa waktu yang lalu," kata Kepala Penerangan Kogabwilhan III, Kol Czi IGN Suriastawa, melalui keterangan tertulis, Selasa (16/2/2021).

Baca juga: TNI Tembak Mati 3 Anggota KKB yang Ingin Merebut Senjata di Intan Jaya

Kematian tiga anggota KKB ini berawal saat tim TNI tengah melakukan pengejaran pelaku penembakan terhadap Prada Ginanjar Arianda, anggota Satgas Yonif R 400/BR dan memeriksa satu orang laki-laki.

"Saat pemeriksaan, orang tersebut (yang kemudian diketahui bernama Janius Bagau) tiba-tiba melarikan diri dengan meloncat ke jurang. Tim terpaksa menembaknya setelah tembakan peringatan dan seruan untuk kembali tidak diindahkan," ujar Suriastawa.

Saat itu, personel TNI menembak yang bersangkutan di bagian lengan tetapi pelaku dapat kabur karena lompat ke dalam jurang.

Tak lama berselang, sambung Suriastawa, personel memperoleh informasi dari warga adanya seorang warga dengan luka tembak dibawa ke Puskesmas oleh kepastoran gereja, dan beberapa orang masyarakat lainnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com