Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran SNMPTN Dibuka, UGM Akan Terima Ribuan Calon Mahasiswa

Kompas.com - 16/02/2021, 14:06 WIB
Wijaya Kusuma,
Dony Aprian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dibuka Senin 15 Februari 2021.

Pada tahun ini, Universitas Gadjah Mada (UGM) akan menerima ribuan calon mahasiswa dari jalur SNMPTN.

Rektor UGM Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan, Djagal Wiseso Marseno mengatakan pada tahun ini, akan menerima dua ribuan calon mahasiswa dari jalur SNMPTN.

"Untuk SNMPTN kita 25 persen dari total daya tampung UGM. Total keseluruhan dengan Sarjana Terapan kurang lebih untuk tahun ini ada dua ribuan," ujar Rektor UGM Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan, Djagal Wiseso Marseno dalam keterangan tertulis Humas UGM, Selasa (16/02/2021).

Baca juga: Unsoed Purwokerto Akan Terima 1.218 Mahasiswa Melalui Jalur SNMPTN

Jumlah tersebut meliputi calon mahasiswa program sarjana dan sarjana terapan yang pada tahun ini telah dapat diikuti melalui SNMPTN.

Pada tahun ini, setiap peserta dapat memilih satu program studi, atau dua program studi dengan catatan salah satu program studi berada pada perguruan tinggi sesuai daerah asal sekolah.

UGM menawarkan 90 program studi sarjana dan sarjana terapan pada Tahun Akademik 2021/2022 yang diselenggarakan oleh 18 Fakultas dan 1 Sekolah Vokasi.

Sementara itu,Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT,  Budi Widyobroto, dalam sosialisasi SNMPTN dan UTBK-SBMPTN beberapa waktu lalu menyampaikan setiap peserta harus memertimbangkan baik-baik program studi yang akan dipilih.

"Kalau sudah diterima di SNMPTN tidak dapat mendaftar UTBK-SBMPTN, berarti tidak memiliki nilai UTBK. Padahal, beberapa perguruan tinggi mensyaratkan nilai UTBK sebagai salah satu kriteria," terangnya.

Baca juga: Loloskan 126 Siswa ke SNMPTN, SMAN 2 Lamongan Terbaik se-Jawa Timur

Rangkaian kegiatan SNMPTN telah dimulai sejak 4 Januari lalu dengan peluncuran sistem PMB 2021.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memberi waktu bagi sekolah untuk melakukan registrasi akun LTMPT pada tanggal 4 Januari hingga 1 Februari.

Sekolah juga bertanggung jawab untuk menerapkan siswa yang eligible serta mengisi Pangkalan Data Siswa Sekolah.

Sementara itu, siswa calon peserta SNMPTN juga diwajibkan telah melakukan registrasi akun LTMPT untuk dapat melakukan pendaftaran SNMPTN.

Periode pendaftaran sendiri akan dibuka hingga 24 Februari mendatang, sementara pengumuman hasil akan dilakukan pada 22 Maret 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com