Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelantikan Bupati Terpilih Kebumen Ditunda, Sekda Ditunjuk Jadi Plh

Kompas.com - 16/02/2021, 11:56 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Dony Aprian

Tim Redaksi

KEBUMEN, KOMPAS.com - Rencana pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen terpilih Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih yang semula akan dilaksanakan pada 17 Februari 2021 ditunda.

Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono mengatakan, pelantikan rencananya akan dilaksanakan antara tanggal 25-27 Februari 2021.

"Dalam rapat dengan pusat diputuskan pelantikan bupati dan walikota terpilih ada 207 kabupaten/kota yang ditunda dan akan dilasknakan pada akhir Februari 2021. Hal ini atas dasar untuk kebersamaan," kata Ujang melalui keterangan resmi, Selasa (16/2/2021).

Baca juga: Pelantikan Bupati Jember Terpilih Berpotensi Ditunda, Ini Alasannya

Dengan ditundanya pelantikan bupati dan wakil bupati, maka secara otomastis akan terjadi kekosongan kepemimpinan kepala daerah.

Pasalnya, Bupati Kebumen saat ini Kiai Yazid Mahfudz telah habis masa jabatannya pada 17 Februari besok.

"Pada tanggal 17 Februari nanti akan dilaksanakan penyerahan memori jabatan oleh bupati definitif kepada pelaksana harian bupati. Untuk mencegah terjadinya kekosongan kepemimpinan maka Sekda ditunjuk sebagai Plh," ujar Ujang.

Ujang menjelaskan, Plh bupati tidak memiliki kewenangan pengambilan keputusan strategis, terutama dalam bidang keuangan dan kepegawaian.

Baca juga: Ganjar soal Pelantikan Kepala Daerah Terpilih di Jateng: Belum Ada Informasi dari Mendagri

Namun, apabila ada keputusan strategis yang harus diambil, maka harus meminta persetujuan dari Kemendagri.

"Pengambilan keputusan boleh tapi bukan yang strategis misalnya bidang keuangan bidang kepegawaian, untuk itu jika ada suatu hal yang strategis dan harus dilaksanakan betul karena sesuatu hal, maka harus seizin dari Mendagri," kata Ujang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com