Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flyover Purwosari Solo Diresmikan di Hari Ulang Tahunnya, Rudy: Mau Menangis, Kado Istimewa Mau Paripurna

Kompas.com - 13/02/2021, 15:27 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi

 

SOLO, KOMPAS.com - Flyover alias jalan layang Purwosari di Solo, Jawa Tengah diresmikan tepat di hari ulang tahun Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo pada Sabtu (13/2/2021).

Peresmian dilakukan wali kota yang akrab disapa Rudy didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Hadir dalam peresmian Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Gerindra Sadewo dan lainnya.

"Mohon izin Bapak (Menteri) karena tadi diminta untuk meresmikan dan ini mau menangis bagaimana disuruh tanda tangan sendiri biasanya Pak Menteri dan Pak Gubernur ini kado istimewa buat saya yang mau paripurna 17 Februari 2021," kata Rudy, Sabtu.

Baca juga: Pengguna Jalan Nekat Berswafoto di Flyover Purwosari Solo, Dishub: Berbahaya

"Dengan mengucap syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa Flyover Purwosari atas izin Bapak Menteri dan Bapak Gubernur serta anggota Komisi 5 DPR RI saya nyatakan diresmikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua," ucap Rudy saat meresmikan Flyover Purwosari.

Peresmian Flyover Purwosari juga ditandai dengan penekanan tombol sirene yang dilakukan Menteri PUPR, Wali Kota Solo, Gubernur Jateng, Anggota Komisi V DPR RI dan Dirjen Bina Marga.

Rudy mengatakan kado ulang tahun yang diberikan Menteri PUPR kepada dirinya merupakan yang terindah.

"Dan yang lebih membahagiakan dan membagakan kami semua, terutama diri saya sendiri ini kenanganan yang terindah yang diberikan Bapak Menteri, Bapak Gubernur yang pada saat ini hari tanggal lahir saya. Paling tidak saya mengenang Flyover Purwosari diresmikan 13 Februari 2021 genap usia saya 61 tahun," kata Rudy.

Baca juga: Uji Coba Flyover Purwosari, Warga Dilarang Selfie

Rudy mengungkapkan dirinya bersama Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo akan purnatugas pada 17 Februari 2021.

Meski tidak lagi menjabat wali kota, Rudy mengaku akan tetap mengabdi dan peduli kepada masyarakat Solo.

"Dan tentunya dengan diresmikannya flyover ini nanti dapat bermanfaat bagi masyarakat di Solo dan Indonesia pada umumnya," kata dia.

Sementara itu, Basuki menerangkan awalnya peresmian Flyover Purwosari dilaksanakan pada Rabu (10/2/2021).

"Saya berangkat dari Jakarta sampai Cirebon ditelepon Pak Presiden (Jokowi) karena ada sidang kabinet. Saya kembali lagi ke Jakarta," kata dia.

Tiba di Jakarta, lanjut Basuki, dirinya ditanya ayah dari Wali Kota Solo terpilih Gibran Rakabuming Raka kapan Flyover Purwosari diresmikan.

Pasalnya, jelas Basuki, mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta dirinya segera meresmikan proyek jalan layang senilai Rp 104,6 miliar.

"Harusnya kemarin (Rabu) diresmikan. Tapi karena Bapak (Presiden Jokowi) telepon saya kembali," kata Basuki.

"Jadi, hari Sabtu ini memang sudah pitulungan dari Allah SWT (Flyover Purwosari) diresmikan tepat hari ulang tahun beliau (Wali Kota Solo). Selamat ulang tahun Pak Rudy," sambung dia.

Basuki menerangkan banyak pembangunan fisik yang telah dilakukan di era pemerintahan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo.

"Pak Rudy ini banyak sekali karyanya. Tidak hanya Flyover Purwosari ini. Kita sudah punya Flyover Manahan, Stadion Manahan, Bengawan Solo tempo dulu mau kita kembangkan dan banyak sekali. Bahkan, beliau berkomitmen terus mengabdi kepada masyarakat," terang Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com