Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stasiun Indro Gresik Akhirnya Dilalui Kereta Penumpang, Ini Rute, Jadwal, dan Tarifnya...

Kompas.com - 10/02/2021, 16:04 WIB
Hamzah Arfah,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Setelah setahun persiapan dilakukan oleh jajaran PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8, kereta api komuter yang menghubungkan Kabupaten Gresik dengan Surabaya dan Sidoarjo resmi beroperasi melayani penumpang, pada Rabu (10/2/2021).

Kereta itu melayani penumpang di Stasiun Indro Gresik. Masyarakat yang penasaran mencoba kereta komuter itu pun antusias di Stasiun Indro.

Apalagi, KAI hanya mematok tarif sebesar Rp 5.000 untuk sekali perjalanan, baik dari Gresik maupun arah sebaliknya yakni Surabaya dan Sidoarjo.

"Mulai kemarin sudah tahu kalau ada uji coba, makanya ini penasaran ingin coba. Ingin melihat pemandangan dari kereta api," kata salah seorang penumpang, Dyah (29), saat ditemui di Stasiun Indro Gresik, Rabu.

Lintasan yang dilalui kereta penumpang itu telah ada sebelumnya. Lintasan di Stasiun Indro Gresik itu biasanya digunakan kereta barang.

Baca juga: PPKM Skala Mikro, Pemkot Surabaya Aktifkan Kembali 1.294 Kampung Tangguh

Tetapi, lintasan rel kereta api itu tak lagi digunakan sejak 2017. Mulai tahun lalu, PT KAI mengaktifkan kembali jalur tersebut untuk kereta penumpang.

"Persiapan mengaktifkan kembali telah kami lakukan sejak tahun kemarin. Mulai dari sosialisasi kepada masyarakat, hingga perbaikan jalur dari Stasiun Indro ke Stasiun Kandangan," kata Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif.

Luqman mengatakan, kereta komuter itu hanya melayani satu kali perjalanan dengan rute Gresik-Sidoarjo atau sebaliknya, dalam sehari.

Kereta itu berangkat dari Stasiun Kandangan Sidoarjo pada pukul 10.00 WIB dan tiba di Stasiun Indro Gresik sekitar pukul 12.11 WIB.

Selanjutnya, kereta api komuter relasi Indro-Sidoarjo (KA 680-677) berangkat dari Stasiun Indro Gresik pada pukul 12.40 WIB dan tiba di Stasiun Sidoarjo pukul 14.40 WIB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com