Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Warga Meninggal Saat Dievakuasi dari Lokasi Banjir di Indramayu

Kompas.com - 09/02/2021, 06:02 WIB
Kontributor Majalengka, Mohamad Umar Alwi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

INDRAMAYU, KOMPAS.com - Dua warga meninggal saat dievakuasi Tim SAR di Indramayu, Jawa Barat setelah daerah itu dilanda banjir.

Keduanya adalah Karni dan Sami, warga Desa Karang Tumaritis, Kecamatan Hargeulis, Kabupaten Indramayu.

"Betul. Dua orang tersebut meninggal dunia karena sakit," kata Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansah, saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (9/2/2021).

Baca juga: Banjir di Indramayu Meluas Jadi 21 Kecamatan, Sebagian Mengungsi ke Tempat Ibadah hingga Stasiun

Di Desa Karang Tumaritis, tim SAR sendiri berhasil mengevakuasi 226 orang terdampak banjir. Sebanyak 226 tersebut terdiri dari 86 jiwa di Kecamatan Terisi dan 140 jiwa di Desa Karang Tumaritis, Hargeulis.

Mereka dievakuasi tim SAR menggunakan perahu karet dan beberapa mobil penyelamatan milik petugas gabungan terdiri Tagana, Satpolair dan PMI Kabupaten Indramayu.

Banjir terjang 21 kecamatan

Sementara itu, Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu mencatat 21 kecamatan terdampak banjir dan 4.400 warga mengungsi. Banjir disebabkan curah hujan tinggi dan rob air laut.

Sejumlah 21 kecamatan terdampak tersebut, yakni Bongas, Terisi, Jatibarang, Kertasemaya, Sukagumiwang, Widasari, Krangkeng, Lohbener, Indramayu, Pasekan, Sindang, Cantigi, Losarang, Tukdana, Cikedung, Gabuswetan, Kandanghaur, Anjatan, Haurgeulis, Kroya, dan Lelea.

Baca juga: Kondisi Terkini Banjir Indramayu, Ratusan Rumah Terendam, 4.400 Warga Mengungsi

Ratusan warga mengungsi di fasilitas-fasilitas umum seperti tempat ibadah dan stasiun kereta api. Warga mengungsi untuk menunggu air surut. Petugas gabungan telah mendirikan tenda darurat.

"Banjirnya saat hujan dengan intensitas tinggi sejak minggu pukul delapan malam itu. Menyebabkan beberapa sungainya meluap dan banjir juga sampai sekarang masih menggenangi rumah warga," ujar Kasi Kedaruratan BPBD Indramayu, A Fattah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com