Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Terkini, Kota Bogor Satu-satunya Zona Merah di Jabar, Ridwan Kamil: PPKM Mikro Gunakan Data Lokal

Kompas.com - 08/02/2021, 13:20 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali mengumumkan hasil terbaru level kewaspadaan Covid-19 di Jabar. Hasilnya, Kota Bogor jadi satu-satunya daerah berisiko tinggi atau zona merah pekan ini.

Hal itu ia sampaikan dalam rapat Satgas Penanganan Covid-19 di Markas Kodam III Siliwangi, Kota Bandung, Senin (8/2/2021).

"Pertama kalinya zona merah tinggal satu, minggu lalu 10. Alhamdulillah kerja keras semua pihak. Zona merah tinggal satu hanya di Kota Bogor. Makanya Pak Bima Arya sekarang sedang bergelut dengan kebijakan kebijakan pengetatan," kata Emil, sapaan akrabnya.

Baca juga: Ridwan Kamil Klaim PPKM Efektif Tingkatkan Disiplin Masyarakat Jabar

Karawang keluar dari zona merah setelah 7 pekan

Adapun Kabupaten Karawang tak lagi masuk zona merah setelah tujuh pekan berturut-turut masuk kategori wilayah berisiko tinggi.

"Alhamdulillah sesuai prediksi kedatangan kami ke Karawang kemarin setelah 6-7 minggu saya lupa sekarang Karawang tidak lagi di zona merah ada perbaikan signifikan dalam proses penanganan pandemi," tuturnya.

Sementara tingkat kedisiplinan di Jabar kembali membaik. 85,4 persen warga sudah taat memakai masker dan 83,8 persen warga sudah paham dengan menjaga jarak.

Baca juga: Tangerang Raya Terapkan PPKM Mikro Per Senin, Gubernur Banten: Penyebaran Covid-19 Bergeser ke Klaster Keluarga

Tingkat kepatuhan pakai masker dan jaga jarak rendah di Kabupaten Bandung

"Tingkat kepatuhan memakai masker masih Kabupaten Bandung dan yang paling rendah Kabupaten Pangandaran, perlu ditingkatkan," katanya. 

"Untuk jaga jarak paling patuh juga masih Kabupaten Bandung saya apresiasi, yang rendah kepatuhan adalah Kabupaten Garut untuk menjaga jarak," paparnya.

Baca juga: Ridwan Kamil Siap Laksanakan PPKM Mikro, asal Datanya dari Daerah

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com