Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Anas Tika Si Petani Kreatif, Sulap Bangkai Tikus Jadi Bio Gas dan Pupuk, Siap Dikemas Seperti Elpiji 3 Kg

Kompas.com - 07/02/2021, 19:01 WIB
Junaedi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PINRANG, KOMPAS.com – Seorang petani asal Pinrang, Sulawesi Selatan, mengatasi hama tikus yang menganggu sawahnya dengan cara kreatif. Ia menjadikan bangkai tikus sebagai bio gas dan pupuk cair yang kaya unsur hara.

Hasilnya, diklaim lebih baik ketimbang bio gas dan pupuk dari kotoran sapi. 

Begini kisah Anas Tika, si petani kreatif. 

Menurut Anas, ia terobsesi membuat bio gas karena BBM sulit didapat, sementara pupuk juga mahal. Di sisi lain, hama tikus berlimpah. 

Awalnya, Anas Tika terganggu dengan serangan wabah tikus yang kerap menghabisi tanaman padinya. Ia lalu membuat perangkap tikus raksasa di sekeliling areal persawahannya.

Dalam semalam perangkap tikus raksasa buatannya bisa menangkap hingga 1.500 ekor tikus per malam.

Baca juga: Belasan Ribu Tanaman Porang Tertimbun Longsor, Petani: Hujan Turun 5 Hari 5 Malam

Bangkai tikus bikin subur tanaman

Petani Pinrang sulap bangkai tikus jadi bio gas dan pupuk cair. KOMPAS.com/JUNAEDI Petani Pinrang sulap bangkai tikus jadi bio gas dan pupuk cair.
Mulanya bangkai tikus tangkapannya itu hanya dibuang di sekitar pematang sawah atau sungai. Namun karena banyaknya bangkai tikus tersebut Anas mulai terganggu dengan limbah tikus yang bisa merusak lingkungan.

Ia berpikir bagaimana mengolah ribuan bangkai tikus tangkapannya dalam semalam tersebut, agar bisa menjadi pupuk atau memberikan manfaat lain.

Berbagai percobaan pun ia lakukan, termasuk melakukan fermentasi bangkai tikus hingga siap menjadi pupuk cair yang kaya unsur hara, seperti kandungan nitrogen, posfat, kalium dan unsur hara lain yang dibutuhkan tanaman.

Baca juga: Mengolah Cacing Merah Jadi Pundi-pundi Rupiah, Kisah Petani Desa Rejosari Riau (1)

Idenya itu tidak sengaja tercipta ketika Anas melihat bekas bangkai tikus yang telah hancur di sudut sawahnya membuat tanaman sampingan seperti pisang, kunyit, jahe di pematang sawahnya tumbuh subur.

Dari sanalah Anas penasaran hingga mencoba mengolah permentasi bangkai tikus dalam bak berdiamter 1,5 meter dengan kedalam tiga meter untuk diolah menjadi pupuk cair.

Karena banyaknya bangkai tikus dan membutuhkan waktu permentasi yang cukup lama hingga siap menjadi pupuk cair untuk tanaman padinya, Anas sampai membuat hingga 3 bak penampungan bangkai tikus di sekitar pematang sawahnya.

Baca juga: Mengolah Cacing Merah Jadi Pundi-pundi Rupiah, Kisah Petani Desa Rejosari Riau (2)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com