Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Cinta Sehidup Semati, Haji Fathkan Susul Istri Meninggal, hanya Terpaut Dua Jam

Kompas.com - 07/02/2021, 17:11 WIB
Hamim,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BOJONEGORO, KOMPAS.com - Kisah cinta sehidup-semati biasanya terjadi dalam sebuah cerita dongeng untuk menggambarkan sepasang anak manusia memadu kasih sayang hingga maut menjemputnya.

Kisah cinta tersebut sepertinya layak disematkan pada kisah pasangan suami istri (pasutri) bernama Haji Fathkan Sibyan (68) dan Hajjah Ummi Munawaroh (60), warga Kelurahan Sukorejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Pasutri yang sudah berusia lanjut dan tinggal di rumah berduaan di jalan Letda Mustajab, Bojonegoro tersebut, Jumat (5/2/2021), meninggal dunia bersamaan selang beberapa jam dalam sehari.

Salah seorang cucu dari kakak kandung H Fathkan, Rafi Afiyudin mengatakan, Nenek Munawaroh diketahui menghembuskan napas terakhir sekitar pukul 1.30 WIB (dini hari), sedangkan Mbah Haji Fathkan, sekitar pukul 4.00 WIB waktu Shubuh.

Baca juga: Cerita Pasutri Selamat dari Longsor di Sanggau Saat Rumahnya Tertimbun Tanah

Merasa kehilangan

Sebelum meninggal, kondisi kesehatan tubuh Ummi Munawaroh, dikabarkan menurun dan merasa demam badannya dalam beberapa hari terakhir, sedangkan H Fathkan kondisinya masih sehat.

Tetapi, Mbah Haji Fathkan sepertinya merasa kehilangan dan sedih atas kepergian sang istri yang telah menemaninya membangun biduk rumah tangga selama puluhan tahun.

"Sebab, Mbah Haji Fathkan juga sempat ngomong kalau teman seperjuangan hidupnya telah meninggal dunia," kata sang cucu, Rafi Afiyudin, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (7/2/2021).

Baca juga: Kisah-kisah Suami Istri Meninggal Bersama karena Covid-19, Hanya Terpaut Beberapa Jam dan Pengurus Jenazah Tertular

Pandangi jenazah istri, bacakan Yasin, lalu tak sadarkan diri

Terlihat pada saat itu, Mbah Haji Fathkan terus memandangi jenazah almarhumah istrinya yang sudah terbujur kaku sambil membacakan surat Yaasin.

"Usai membacakan surat Yaasiin, Mbah Haji Fathkan tiba-tiba tidak sadarkan diri dan meninggal dunia seketika itu juga," terangnya.

Saat itu, Rofi dan kerabat lainnya pun tidak menyangka adik kandung kakeknya tersebut akan menyusul mendiang istrinya menghadap sang khaliq dalam waktu sekejap.

Selama membina rumah tangga, pasangan Hj Ummi Munawaroh dan H Fathkan Sibyan belum dikaruniai keturunan, tetapi keduanya merupakan pasangan setia dan romantis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com