Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Pria Mirip Kasat Narkoba Mabuk di Tempat Hiburan, Polda Sumut: Dalam Rangka Penyelidikan

Kompas.com - 05/02/2021, 22:15 WIB
Dewantoro,
Farid Assifa

Tim Redaksi

 

MEDAN, KOMPAS.com - Kasat Narkoba Polres Pematangsiantar, AKP David Sinaga tidak menyadari dirinya divideokan oleh pemilik tempat hiburan karaoke Studio 21 saat sedang melakukan penyelidikan dugaan peredaran narkoba di tempat tersebut pada Oktober 2020.

Video itu kemudian viral yang membuat David dinonaktifkan.  

Unggahan di YouTube pada 4 Januari 2021 oleh akun bernama 'David Sinaga', ternyata ada kaitannya dengan penangkapan pengedar narkoba di tempat tersebut, dan pemilik karaoke, Acong, meminta Kasat Narkoba Polres Pematangsiantar untuk melepaskan tersangka namun ditolak. 

"Terkait dengan berita viral di medsos kemarin siang, dapat saya sampaikan bahwa benar kejadian itu pada bulan Oktober 2020 di mana Kasat Narkoba Siantar dalam rangka penyelidikan," ujar Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi kepada wartawan di Warkop Jurnalis Medan pada Jumat (5/2/2021) sore. 

Baca juga: Beredar Video Mirip Kasat Narkoba Polres Pematangsiantar Mabuk, Ini Penjelasan Polisi

Hadi menjelaskan, peristiwa itu bermula saat Kasat Narkoba Polres PematangsiantarAKP David Sinaga memasuki tempat hiburan dan ditemui oleh Acong dan 2 rekannya.

"Setelah itu, Kasat Narkoba ini menuju ruang resepsionis. Di ruang resepsionis itu tanpa disadari, Kasat Narkoba direkam atau divideokan oleh pemilik tempat hiburan tersebut. Itu awal kejadiannya," ujar Hadi. 

Pada tanggal 4 Januari 2021, Kasat Narkoba beserta timnya menangkap salah seorang pengedar narkoba di tempat tersebut.

Dalam prosesnya, Acong meminta bantuan Kasat Narkoba agar pengedar narkoba itu dilepaskan.

Namun Kasat Narkoba berkomitmen bahwa pengedar narkotika tidak dibebaskan dan proses hukumnya tetap terus dilanjutkan. 

"Kemudian kemarin muncullah video di akun Facebok dan YouTube. Di mana setelah diselidiki, video itu pun dipalsukan. Bukan atas nama video. Ulangi akun Kasat Narkoba," katanya. 

Video berdurasai 1 menit 15 detik itu memperlihatkan Kasat Narkoba sedang berada di resepsionis, bukan di tempat disc jockey (DJ).

Baca juga: Pasca-video Viral Pria Mabuk, Kasat Narkoba Polres Pematangsiantar Dicopot

 

Saat itu, Kasat Narkoba Polres Pematangsiantar, AKP David Sinaga memasuki tempat tersebut didampingi oleh timnya, namun tidak terlihat di dalam video tersebut. 

"Dia melakukan penyelidikan di tempat karaoke itu surat perintahnya pun juga ada. Karena dugaan-dugaan awalnya memang ada peredaran narkoba di tempat hiburan tersebut. Yang bersangkutan (Kasat Narkoba) sudah diperiksa, (urine) negatif," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com