Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang "Jateng di Rumah Saja", Penerangan Jalan di Tegal Dipadamkan, Polisi Tingkatkan Patroli

Kompas.com - 05/02/2021, 06:58 WIB
Tresno Setiadi,
Khairina

Tim Redaksi

TEGAL, KOMPAS.com - Jajaran Polres Tegal Kota mulai meningkatkan patroli malam untuk mencegah potensi tindakan kejahatan malam hari setelah seluruh lampu penerangan jalan umum (PJU) dipadamkan menjelang "Jateng di Rumah Saja", Kamis (4/2/2021)

Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo melalui Kabag Ops Kompol Harsono mengatakan, peningkatan patroli tak hanya dilakukan personil dari Polres namun hingga ke tingkat Polsek.

"Imbas penutupan jalan dan pemadaman lampu, mulai malam ini polisi meningkatkan giat patroli rutin. Kita tingkatkan baik dari polres maupun polsek," kata Harsono ditemui Kompas.com, di Mapolres Tegal Kota, Kamis (4/2/2021).

Baca juga: Soal Jateng di Rumah Saja, Wali Kota Magelang: Kasihan Rakyat, Masa Enggak Boleh Jualan

Selain itu, kata Harsono, menjelang penerapan "Jateng di Rumah Saja", patroli tiga pilar penegak disipilin juga akan terus dilaksanakan.

"Untuk penindakan disiplin, sekarang ini kita tentunya tiga pilar lebih kencang lagi. Kalau sebelumnya sanksi sosial, nanti kita tingkatkan sampai denda atau penutupan usaha yang bandel buka," kata Harsono.

Harsono mengungkapkan, hasil rapat bersama jajaran Pemerintah Kota Tegal, diputuskan pasar hingga toko modern dan pedagang kaki lima (PKL) juga akan tutup selama dua hari Sabtu-Minggu (6-7/2/2021).

Di waktu itu, masyarakat juga diharapkan disiplin tak sampai keluar rumah jika tak ada kepentingan mendesak.

"Termasuk pasar tiban juga tidak boleh buka. Kalau membandel bisa disanksi," jelasnya.

Baca juga: Pasar di Banyumas Tetap Buka Saat Jateng di Rumah Saja, Epidemiolog: Tidak Konsisten

Terpisah Plt. Dinas Perhubungan Kota Tegal Sugiyanto mengatakan, sejumlah ruas jalan yang ada di Kota Tegal mulai ditutup dengan menggunakan water barier dan beton.

Tak hanya itu, PJU juga turut dipadamkan sejak Kamis (3/2/2021) malam.

"Selain jalan, lampu penerangan di seluruh wilayah dimatikan. Sehingga, dapat mengurangi potensi kerumunan," kata Sugiyanto kepada wartawan.

Sementara ruas jalan yang akan ditutup hingga "Jateng di Rumah Saja" berakhir di antaranya Jalan Timor Timur, Flores, Halmahera, Sangir, Serayu, Citarum, Panggung Timur, Pemuda, Letjend Suprapto dan DI Panjaitan hingga jalan menuju pusat kota.

"Rencananya akan membuka posko pemantauan. Di antaranya di Jalan Jenderal Sudirman, Sultan Agung dan Kapt Sudibyo atau Simpang Tirus," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com