Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama di Sumatera, RS di Riau Punya Alat ECMO untuk IGD dan Covid-19

Kompas.com - 04/02/2021, 11:41 WIB
Citra Indriani,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad di Kota Pekanbaru, Riau, kini memiliki sebuah alat bernama Extra Corporeal Membrane Oxygenator (ECMO).

Alat ini disebut satu-satunya yang ada di Sumatera.

Direktur RSUD Arifin Achmad Nuzelly Husnedi mengatakan, ECMO ini sebagai penunjang pelayanan Covid-19 dan Instalasi Gawat Darurat (IGD) ke depannya.

Baca juga: Sariawan Disebut Gejala Baru Covid-19, Begini Penjelasan Ahli

"Penggunaan ECMO memiliki kesamaan fungsi sebagai alat bantu sirkulasi, tetapi sangat berbeda dalam beberapa aspek manajemen alat serta pasiennya. Secara umum, prinsip ECMO adalah menarik darah dari sistem pembuluh darah besar, kemudian dioksigenasi dan dikembalikan lagi," kata Nuzelly dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (3/1/2021).

Penggunaan alat ECMO ini cukup pesat pada negara atau institusi yang memfasilitasi adanya transplantasi jantung atau paru-paru, serta kondisi pelayanan pandemi Covid-19 saat ini.

ECMO semakin berkembang pesat dan menjadi bagian integral bagi pelayanan kardiovaskular yang tidak bisa dihindari dalam memberikan terapi secara holistik.

"Karena, terapi medikamentosa dan pembedahan konservatif tidak dapat mengembalikan secara optimal fungsi sirkulasi, maka metode ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk mendukung sirkulasi sementara," kata Nuzelly.

Baca juga: Kisah Haminjon di Tanah Batak, Dulu Melebihi Emas, Sekarang di Ambang Cemas (Bagian I)

ECMO juga bisa berfungsi sebagai ventilator untuk membantu pernapasan bagi pasien Covid-19.

Sebagai rumah sakit pendidikan dan rujukan di Riau, RSUD Arifin Achmad terus mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

"Dengan hadirnya alat ECMO ini, kita berharap pelayanan semakin optimal untuk masyarakat. Apalagi, rumah sakit kita satu-satunya yang memiliki alat ini di Sumatera," ujar Nurzelly.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com