Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompleks Cito Surabaya Dipersiapkan Jadi Rumah Sakit Darurat Covid-19, Pemkot Tunggu Izin Terbit

Kompas.com - 03/02/2021, 13:46 WIB
Achmad Faizal,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemkot Surabaya bekerja sama dengan Siloam Hospital Group menyiapkan fasilitas kesehatan untuk pasien Covid-19 di kompleks Mal City Of Tomorrow (Cito) Surabaya.

Sebagian bangunan kompleks mal di perbatasan Surabaya-Sidoarjo, tepatnya di Bundaran Waru, itu akan disulap menjadi rumah sakit khusus pasien Covid-19.

Baca juga: Pelaku yang Serang dan Ancam Petugas Saat Razia Prokes Ternyata Anak Pensiunan Bintara Polri

Di sana, akan dibuat ruang isolasi dan ruang perawatan untuk pasien Covid-19.

"Untuk penyediaan fasilitas kesehatan yang memanfaatkan gedung Cito, kita masih menunggu izin sebagai rumah sakit darurat," kata Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana saat memantau kegiatan donor plasma konvalesen di kompleks industri SIER Surabaya, Selasa (2/2/2021).

Whisnu berharap izin rumah sakit darurat itu bisa terbit dalam beberapa hari ke depan. Sehingga, kompleks Mal Cito bisa beroperasi sebagai rumah sakit darurat.

Selain warga Surabaya, rumah sakit darurat di kompleks Mal Cito itu juga bisa menampung pasien dari Sidoarjo karena berada di wilayah perbatasan.

Terpisah, Direktur Siloam Hospital Group, Dr Anang Prayudi menyebut, pihaknya akan memanfaatkan tiga lantai di kompleks Mal Cito untuk kebutuhan fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes).

"Jumlah itu akan ditambah ketika ke depannya kebutuhan kamar untuk pasien Covid-19 masih dibutuhkan," jelasnya saat dikonfirmasi, Rabu (3/2/2021).

Saat ini, sudah disiapkan kamar dengan 105 tempat tidur ukuran single.

Baca juga: TNI-Polri Tak Takut dengan Tantangan Perang Terbuka KKB, Begini Penjelasan Wakapolda Papua

"Kapasitas rumah sakit nantinya bisa dikembangkan sampai 186 unit. Termasuk juga delapan ICU yang kini sudah disiapkan bisa ditambah sampai 16 ICU," jelasnya.

Sebanyak 20.002 kasus positif Covid-19 tercatat di Surabaya hingga Selasa (2/2/2021). Rinciannya, 18.444 pasien sembuh dan 1.297 orang meninggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com