Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Bekasi Paling Tak Disiplin Pakai Masker dan Jaga Jarak

Kompas.com - 02/02/2021, 20:13 WIB
Agie Permadi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut tingkat kedisiplinan warga Jawa Barat dalam menerapkan penggunaan masker dan jaga jarak mencapai 80 hingga 83 persen berdasarkan survei.

Namun dari beberapa daerah di Jabar, Kabupaten Bekasi paling tidak disiplin dalam menerapkan penggunaan masker dan jaga jarak.

Sedang yang paling disiplin memakai masker adalah Kota Cimahi, dan paling disiplin jaga jarak adalah Kabupaten Bandung.

"Saya umumkan yang paling disiplin masker sekarang ini adalah Kota Cimahi, dan paling tidak disiplin adalah Kabupaten Bekasi. Cimahi di atas 90 persen," ucap Ridwan Kamil di Mapolda Jabar, Selasa (2/2/2021).

"Sementara yang jaga jarak juaranya adalah Kabupaten Bandung juga di atas 90 persen. Laporannya objektif. Kemudian yang paling tidak bisa jaga jarak juga kabupaten Bekasi," katanya.

Baca juga: Besok, Ribuan Tenaga Kesehatan Jabar Divaksin Massal di Satu Lokasi

Mengingat tidak disiplinnya warga Kabupaten Bekasi ini, Emil meminta agar Kabupaten Bekasi mengintropeksi diri dan memperkuat penguatan kedisiplinan penggunaan masker dan jaga jarak.

"Pekan ini Kabupaten Bekasi harus introspeksi diri," kata Emil.

Sedang untuk Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung diharapkan dapat terus mempertahankan tingkat kedisiplinannya baik dalam penggunaan masker maupun jaga jarak.

"Nah, yang Cimahi dan kabupaten Bandung terus pertahankan dan rata-rata di angka 70 dan 80, maka rata-rata itu Jabar di 80-an, pengennya sih saya di 90-an. Jadi ada yang 90 tapi ketarik oleh yang 60-an, jadi makanya ketemunya di situ," ucapnya.

Baca juga: Satgas: Kenaikan Kematian Pasien Covid-19 di Jabar Lebih dari 2 Kali Lipat

Selain itu, Emil juga mengumumkan bahwa Kabupaten Karawang masih bertahan di zona merah.

"Kemarin kita ke Karawang baru beberapa hari, hari Jumat dan pekan ini masih merah tapi mudah-mudahan dampak kedatangan kita di hari Jumat, kerasanya di pekan depan ya setelah ada perubahan signifikan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com