Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alarm Berbunyi 17 Kali, 15 KK di Kota Batu Berpotensi Terdampak Longsor

Kompas.com - 02/02/2021, 17:13 WIB
Andi Hartik,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Sebanyak 15 kepala keluarga (KK) di RT 004 RW 010 Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kota Batu, Jawa Timur, berpotensi terdampak longsor.

Sebab, early warning system (EWS) tanah longsor di lokasi tersebut berbunyi 17 kali. Diduga, ada proses pergerakan tanah sehingga membuat alarm longsor itu berbunyi.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu sudah menyiapkan shalter yang akan menjadi tempat pengungsian bagi warga yang berpotensi terdampak.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim mengatakan, alarm longsor itu berbunyi sebanyak 17 kali pada Senin (1/2/2021).

Baca juga: PPKM Dinilai Belum Efektif, Satpol PP Bali: Masyarakat Jenuh

Dua kali berbunyi pada siang hari. Alarm itu berbunyi lagi pada malam hari sebanyak 15 kali pada pukul 18.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

"Dugaan awal hasil kaji cepat kemungkinkan terjadi gerakan tanah pada lokasi. Petugas kesulitan melakukan pengamatan di lokasi karena terkendala malam hari," kata Rochim, melalui keterangan tertulis, Selasa (2/2/2021).

Rochim mengatakan, ada 15 KK yang menghuni di lokasi itu. 1 KK yang terdiri dari 3 orang sudah mengevakuasi mandiri, sedangkan 14 KK sisanya masih tinggal di rumahnya masing-masing.

"Terdapat 15 KK berada pada kawasan rawan longsor, saat ini 1 KK (3 orang) melakukan evakuasi mandiri mengungsi ke rumah orangtuanya. Sedangkan 14 KK belum bersedia dievakuasi dan masih bertahan tinggal di rumah masing-masing," ujar dia.

Baca juga: Jokowi Nilai PPKM Belum Efektif, Ini Kata Satpol PP Bali

Namun, berdasarkan hasil koordinasi, warga yang masih menempati lokasi itu bersedia dievakuasi ketika terjadi hujan dan alarm longsor berbunyi.

"Warga bersedia disediakan tempat evakuasi sementara yang lokasinya aman dan tidak jauh dari rumahnya. Tempat evakuasi akan digunakan warga saat terjadi cuaca hujan, alarm EWS berbunyi atau adanya kebijakan perintah dari Sistem Komando Siaga Darurat Bencana untuk melakukan evakuasi," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com