Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor Tutup Jalur Bondowoso Menuju Kawah Ijen

Kompas.com - 01/02/2021, 23:33 WIB
Robertus Belarminus

Editor

KOMPAS.com - Jalur menuju kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen Bondowoso, Jawa Timur, terputus, Senin (1/2/2021) petang.

Jalur tersebut tertutup material akibat banjir bandang dan longsor setelah sebelumnya di wilayah itu diguyur hujan deras.

Kejadian yang terjadi sekitar pukul 17.00 WIB itu tepatnya di Jembatan Kali Pahit, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso.

Baca juga: Permintaan Maaf Ayah Siswi SMA yang Sebut Covid-19 Hoaks: Saya Belikan Handphone Supaya Dia Sekolah

"Sesuai informasi yang kami terima dari Camat Ijen, memang demikian, banjir dan longsor menutup akses, baik menuju Kawah Ijen maupun sebaliknya," ujar Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso Adi Sunaryadi seperti dilansir dari Antara, Senin malam.

Pihaknya telah mengirim Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD setempat ke lokasi banjir dan titik longsor yang mengakibatkan akses menuju wisata Ijen tertutup.

Hingga saat ini, Adi belum bisa memberikan keterangan secara detail mengenai dampak dari banjir dan longsor yang terjadi.

Sebab, petugas BPBD sedang dalam perjalanan ke lokasi.

Baca juga: Orangtua Siswi SMA yang Bakar Masker dan Sebut Covid-19 Hoaks Minta Maaf

Mengenai informasi kendaraan minibus yang terjebak banjir dan longsor yang menutup akses jalan di Jembatan Kali Pahit, kata dia, masih dilakukan pengecekan.

"Kalau kendaraan terjebak itu, karena tidak bisa melintas akibat banjir dan longsor yang menutup jalan. Saat ini, kami juga sudah berkoordinasi untuk mendatangkan alat berat," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com