Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kami Ucapkan Terima Kasih ke Semua Pihak yang Telah Mengurus Jenazah Kapten Afwan..."

Kompas.com - 31/01/2021, 10:00 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - PT Jasa Raharja (Persero) memberikan santunan kepada keluarga pilot Sriwijaya Air SJ-182, Kapten Afwan di Perumahan Bumi Cibinong Endah (BCE), Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (30/1/2021).

Pantauan Kompas.com di lokasi, santunan diberikan dalam bentuk pigura yang bertuliskan 'Santunan Meninggal Dunia dari PT Jasa Raharja Rp 50.000.000 Kepada Ahli Waris Alm Afwan. Korban pesawat Sriwijaya Air SJ182, tanggal 9 Januari 2021.

"Sudah terealisasi semua besarnya santunan Rp 50 juta sesuai ketentuan pemerintah dan sudah ditransfer ke rekening," ucap Kepala Cabang Jasa Raharja Jawa Barat, Hendri Afrizal di hadapan keluarga.

Santunan yang diberikan secara simbolis itupun diterima langsung oleh perwakilan keluarga, Sjafzan Badar.

"Atas nama keluarga almarhum Haji Afwan mengucapkan banyak terima kasih kepada Jasa Raharja," kata Sjafzan Badar saat menerima santunan tersebut.

Baca juga: Jenazah ke-56 Itu adalah Kapten Afwan, Sang Pilot Sriwijaya Air

Lebih lanjut, pihak Jasa Raharja tersebut mengucapkan turut berduka cita yang mendalam atas kematian sang pilot dalam insiden kecelakaan pesawat di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta pada Sabtu (9/1/2021) sekitar pukul 14.40 WIB atau 4 menit setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Hendri mengaku bersyukur karena santunan bisa diberikan secara cepat kepada ahli waris setelah jenazah Kapten Afwan berhasil teridentifikasi Tim Disaster Victim Identification (DVI) Mabes Polri pada Jumat (29/1/2021).

Jumlah santunan yang diberikan Jasa Raharja itu, tambah dia, sesuai UU No 33 Tahun 1964 Jo PP No 17 Tahun 1965 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak terkait yang membantu mengidentifikasi sehingga penyerahan santunan ini kita bisa lakukan kurang dari 24 jam sejak teridentifikasi. Mudah-mudahan dengan santunan ini bisa meringankan beban dari keluarga," ujar dia.

Baca juga: Tangis Keluarga Pecah Sambut Kedatangan Jenazah Kapten Afwan di Rumah Duka

Keluarga ucapkan terima kasih ke semua pihak

Sebelumnya, suasana duka terlihat setelah jenazah pilot Sriwijaya Air SJ-182, Kapten Afwan sampai di kediaman keluarga, Perumahan Bumi Cibinong Endah (BCE), Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (30/1/2021).

Peti mati jenazah Kapten Afwan dibawa menggunakan ambulans dengan pengawalan petugas kepolisian.

Di dalam mobil ambulans itu, terlihat dua orang keluar membawa foto Kapten Afwan setibanya di kediaman pada pukul 10.21 WIB.

Baca juga: Tambah Kapten Afwan, Daftar 58 Korban Sriwijaya Air SJ 182 yang Sudah Teridentifikasi

Tak lama kemudian, jenazah sang pilot disambut dan diberi hormat oleh sejumlah kerabat dan dari pihak maskapai penerbangan swasta, yakni Sriwijaya Air.

Tangis sedih terlihat dari pihak keluarga saat menyaksikan peti mati jenazah Kapten Afwan diturunkan dari ambulans.

Hujan pun mengiringi suasana duka ketika peti mati yang diselimuti kain hitam itu diserahkan kepada pihak keluarga kemudian dibawa ke ruang tamu rumah duka.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengurus jenazah Kapten Afwan, mulai sejak pencarian di laut hingga teridentifikasi," kata perwakilan keluarga, Sjafzan Badar, saat mewakili keluarga di hadapan pelayat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com