Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Bentuk Tim Maung Galunggung untuk Buru Geng Motor

Kompas.com - 29/01/2021, 16:32 WIB
Irwan Nugraha,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Polresta Tasikmalaya membentuk tim khusus (timsus) Maung Galunggung untuk memberantas geng motor dan kejahatan jalanan demi menciptakan rasa aman dan nyaman masyarakat Kota Tasikmalaya.

Timsus ini akan bergerak siang dan malam hari memburu penjahat jalanan yang selama ini meresahkan masyarakat dengan aksi-aksinya terutama bagi pengendara dan masyarakat umum saat berkendara di malam hari.

"Kita akan tindak tegas dan terukur dan jika mengancam nyawa orang lain akan dilumpuhkan dengan tembakan," jelas Kepala Polresta Tasikmalaya, AKBP Doni Hermawan, kepada wartawan di kantornya, Jumat (21/1/2021).

"Kami sudah membentuk tim bernama Maung Galunggung dan masing-masing akan terjun di malam dan siang hari dengan sasaran pelaku kejahatan termasuk para anggota geng motor, knalpot bising."

Baca juga: Anggota Geng Motor Pelaku Penusukan di Sumedang Ditangkap di Purwakarta

Juga bertugas bubarkan kerumunan warga

"Akan tetapi, di tengah pandemi Covid-19 anggota juga akan membantu Satgas membubarkan warga yang masih berkerumun termasuk berupaya memberikan edukasi dan himbauan penerapan protokol kesehatan." 

Doni menambahkan, pasukan inti yang dibentuknya ada dari beberapa lintas fungsi berjumlah 30 personil dan mereka akan tetap melakukan tindakan secara tegas karena semuanya telah dilengkapi senjata larang panjang dan pistol.

Baca juga: Detik-detik Seorang Remaja Tewas Dikeroyok 10 Anggota Geng Motor, 3 Pelaku Ditangkap

Namun, penegakan tersebut akan dilakukanya mengingat sekarang ini angka kriminalitas di jalanan masih tinggi dan itu akan memberikan rasa aman bagi masyarakat. 

"Anggota yang terlibat ini memiliki kualifikasi dari lintas fungsi dan mereka akan melakukan tindakan secara tegas terhadap para pelaku kejahatan jalanan seperti pencurian sepeda motor, curas ditempat umum, knalpot bising," katanya.

"Guna memberikan rasa aman bagi masyarakat serta berupaya melakukan himbauan supaya di masa pandemi tetap menerapkan protokol kesehatan," lanjut dia.

Baca juga: Rekam Aksi Begal Anggota Geng Motor, 2 Remaja di Padang Dianiaya

Patroli di jalanan tiap malam

Operasi khusus tim ini akan mobile pada malam Sabtu dan Minggu dengan konsep melindungi masyarakat dari tindak kejahatan jalanan agar angka kriminalitas menurun.

Soalnya, selama ini adanya kenaikan terutama dilakukan oleh anggota geng motor yang telah meresahkan masyarakat dan jika menganggu kenyamanan tindakan tersebut dilakukannya secara tegas.

"Meski tegas, mereka akan melakukan sesuai prinsip prosedural yang humanis dan akan tetap melindungi masyarakat dari pelaku kejahatan," pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com