Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Vaksinasi Massal, RSUD dr Sardjito Catatkan Rekor Muri

Kompas.com - 28/01/2021, 16:04 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com- Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Sardjito mencatatkan rekor jumlah vaksinasi Covid-19 terbanyak.

Pencatatan rekor oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) dilakukan di Graha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada, Kamis (28/1/2021).

Ada sekitar 3.300 orang yang mendapatkan vaksin Covid-19 dalam kegiatan ini.

Baca juga: Kata Wagub Jabar Usai Suntik Kedua Vaksin Covid-19: Alhamdulillah, Tidak Ada Gejala Apa Pun...

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pencatatan rekor vaksinasi MURI yang dilaksanakan di GRHA SABHA Pramana UGM ini dibagi menjadi 6 batch.

Setiap batch tenaga kesehatan yang mendapatkan vaksinasi diberi tanda stiker berwarna di bagian lengannya.

"Ini bisa 3.300. Saya lihat Alhamdulilaah kok bisa. Kita pelajari apa yang perlu diperbaiki. Dibagi by batch dikasih stiker warna-walran jadi tahu berapa lama mereka di sini," kata Budi Gunadi, ditemui di GRHA SABHA Pramana UGM, Kamis (28/1/2021).

Budi menyampaikan dalam melakukan vaksinasi massal seperti ini faktor lokasi menjadi pertimbangan utama.  Jika lokasi sempit, maka berpotensi membuat kerumunan.

"Pada saat memilih tempat kita juga tahu tidak berdesak-desakan, Mudah-mudahan Yogyakarta nanti bisa mengeluarkan SOP supaya bisa direplikasi di provinsi lain juga di Yogyakarta sendiri," ujar dia.

Baca juga: Mengenal Seluk-beluk Vaksin Sinovac

Budi Gunadi berharap kegiatan vaksinasi massal dapat dilakukan di 10 lokasi, dengan demikian maka sekali vaksinasi dapat menjangkau sebanyak 30 ribu orang per hari.

"Strategi harus ada kerja sama dan wisdom lokal. Saya lihat datang kok rapi ini wisdom lokal teman-teman dari Yogyakarta disini. Saya berharap teman-teman provinsi lain bisa lebih termotivasi dengan adanya ini," kata dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com