Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenderal Listyo Sigit Jadi Kapolri, Ganjar: Mudah-mudahan Bawa Amanah Baik

Kompas.com - 27/01/2021, 16:40 WIB
Riska Farasonalia,
Dony Aprian

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengucapkan selamat atas dilantiknya Jenderal Listyo Sigit sebagai Kepala Kepolisian Repiblik Indonesia (Kapolri), Rabu (27/1/2021).

“Saya menyampaikan selamat sama Pak Kapolri baru, Pak Sigit Listyo, mudah-mudahan bisa membawa amanah ini dengan sangat baik,” ucap Ganjar di kantornya, Rabu.

Ganjar mendukung penuh visi misi Sigit terutama tentang perubahan sistem tilang yang tak lagi dilakukan secara langsung.

“Saya mengikuti dan bagus, jadi mulai yang lebih praktis tilang dihilangkan yang sifatnya langsung dari polisi maka digantikan elektronik, bahkan Dirlantas Polda Jateng sudah mendahului paparan ke saya untuk melaksanakan, saya kira bagus,” katanya.

Baca juga: Ganjar Optimistis Vaksinasi Tahap Pertama di Jateng Selesai Sebelum 28 Januari 2021

Menurutnya, pendekatan persuasif yang ditekankan oleh Jenderal Sigit akan membawa Polri ke arah yang lebih baik.

“Pendekatan-pendekatan persuasif lebih diutamakan saya kira itu bagus, sehingga potensi-potensi dari SDM polri yang selama ini suddah cukup elegan, kalau di Jateng ada mas bhabin atau kemudian yang lantas itu bisa main dengan anak-anak tentu itu cara yang elegan,” tuturnya.

Selain itu, Ganjar juga berharap Jenderal Sigit membawa perubahan besar di tubuh Polri.

“Mudah-mudahan jauh lebih baik dan terjadi reformasi besar di tubuh kepolisian, wabil khusus dalam pelayanan kepada masyarakat,” tegasnya.

Baca juga: Dilantik Menjadi Kapolri, Ini Rekam Jejak Komjen Listyo Sigit

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo resmi melantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Rabu (27/1/2021) menggantikan Idham Azis.

Pengangkatan Sigit sebagai Kapolri dituangkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com